Peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga pemerintahan pusat melalui model numbered heads together kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Laela Lutfiana Rachmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga pemerintahan pusat melalui model numbered heads together kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Laela Lutfiana Rachmah

Rachmah, Laela Lutfiana (2017) Peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga pemerintahan pusat melalui model numbered heads together kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Laela Lutfiana Rachmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmah Laela. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintahan Pusat Melalui Model Numbered Heads Together Kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Dra. Sutansi M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar lembaga pemerintahan pusat model numbered heads together Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) guru menggunakan metode ceramah dan penugasan sedangkan siswa hanya duduk menyimak penjelasan guru dan kurang aktif (2) siswa tidak bisa menyebutkan tentang struktur lembaga pemerintahan pusat (3) guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran dan (4) wawasan siswa tentang materi lembaga pemerintahan pusat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn materi pemerintahan pusat dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman lembaga pemerintahan pusat melalui penerapan model Numbered Heads Together di SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mendukung penelitian ini berupa pedoman observasi dan soal tes evaluasi. Data dianalisis dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran lembaga pemerintahan pusat menggunakan model Numbered Heads Together siswa terlihat sangat antusias. Penggunaan model Numbered Heads Together juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil siklus I adalah 65 dengan persentase kurang sekali 45% dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan 96%. Peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 51%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari yang kurang baik menjadi baik dengan ketuntasan klasikal yang awalnya sangat kurang sekali menjadi sangat baik. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Numbered Heads Together karena dapat memperbaiki pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item