Pengembangan media power point interaktif subtema memelihara ekosistem kelas 5 sekolah dasar / Venni Yumeida Fanori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media power point interaktif subtema memelihara ekosistem kelas 5 sekolah dasar / Venni Yumeida Fanori

Fanori, Venni Yumeida (2017) Pengembangan media power point interaktif subtema memelihara ekosistem kelas 5 sekolah dasar / Venni Yumeida Fanori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanori Venni Yumeida. 2017. Pengembangan Media Power Point Interaktif Subtema Memelihara Ekosistem Kelas 5 Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Power Point Interaktif Memelihara Ekosistem Sekolah Dasar. Power point interaktif merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran. Ditinjau dari hasil wawancara guru merasa kesulitan menyampaikan materi mengenai Subtema Memelihara Ekosistem. Melalui analisis awal pada buku Tema 8 Ekosistem peneliti menemukan bahwa dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang konkrit untuk menyampaikan materi mengenai ekosistem. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pada pembelajaran 1 2 dan 3 berupa power point interaktif yang tepat mudah jelas dan menarik. Pada penelitian pengembangan ini digunakan model penelitian dan pengembangan Dick dan Carey. Penelitian ini menghasilkan produk media untuk kelas 5 sekolah dasar berupa produk power point interaktif untuk Tema 8 Ekosistem Subtema 8. 3 Memelihara Ekosistem pembelajaran 1 2 dan 3. Uji coba dilakukan di sekolah dasar. Pada penelitian ini digunakan 7 langkah dari 10 langkah penelitian dan pengembangan Dick dan Carey. Sebelum produk diuji coba dilakukan evaluasi formatif oleh ahli materi dan ahli media Berdasarkan evaluasi formatif atau validasi oleh ahli materi dan ahli media produk media dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di SD. Produk direvisi bersadasarkan masukan dari ahli kemudian dilakukan uji coba di SD. Ditinjau dari hasil evaluasi formatif oleh guru produk media dinyatakan sangat dapat diterapkan. Bagi siswa media power point interaktif dianggap sangat menarik. Hasil pretes dan postes ketika uji coba lapangan diperoleh peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 26 2%. Berdasarkan persentase penilaian evaluasi formatif pada ahli dan uji coba pada siswa power point interaktif sangat tepat sangat mudah sangat jelas dan sangat menarik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai 76 5% power point interaktif cukup efektif digunakan pada pembelajaran. Media power point interaktif ini dapat dijadikan sebagai penunjang bahan pembelajaran tematik untuk kelas 5 SD. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan power point interaktif untuk pembelajaran 4 5 dan 6 pada subtema yang sama atau untuk subtema berikutnya dan mengembangkan untuk materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item