Penerapan permainan balok building castle untuk mengembangkan kemampuan sosial anak Kelompok A di RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang / Zizi Novia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan balok building castle untuk mengembangkan kemampuan sosial anak Kelompok A di RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang / Zizi Novia Putri

Putri, Zizi Novia (2017) Penerapan permainan balok building castle untuk mengembangkan kemampuan sosial anak Kelompok A di RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang / Zizi Novia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Zizi Novia. 2017. Penerapan Permainan Balok Building Castle Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. (II) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Sosial Permainan Balok Building Castle Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan adalah rendahnya kemampuan sosial anak dalam bekerjasama dengan teman menghargai teman sabar saat mengantri dan mentaati peraturan permainan. Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor yaitu lingkungan yang kurang kondusif untuk perkembangan sosial anak kurang dapat berhubungan sosial dengan orang lain pengaruh negatif TV dan sosial media serta pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut (1) untuk mengetahui penerapan permainan balok building castle dapat mengembangkan kemampuan sosial anak kelompok A RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak kelompok A RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang dengan permainan balok building castle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Alam Ar-Rohmah Dau Kabupaten Malang dengan 11 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penerapan permainan balok Building Castle dilaksanakan dengan langkah berikut 1) guru menyembunyikan balok di tempat berstiker khusus 2) anak dibagi menjadi 2 kelompok 3) guru menjelaskan cara bermain dan peraturan permainan 4) anak mencari balok yang telah disembunyikan kemudian menyusunnya sesuai instruksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial anak dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan tindakan pada siklus I. Hal tersebut dapat dilihat dengan peningkatan rata-rata kelas 31% saat pratindakan dan meningkat 72% siklus I kemudian 93% saat siklus II. Penerapan permainan balok Building Castle dilaksanakan dengan langkah berikut 1) guru menyembunyikan balok di tempat berstiker khusus 2) anak dibagi menjadi 2 kelompok 3) guru menjelaskan cara bermain dan peraturan permainan 4) anak mencari balok yang telah disembunyikan kemudian menyusunnya sesuai instruksi dapat meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A RA Alam Ar-Rohmah. Melihat keberhasilan ini maka disarankan agar guru dan lembaga dapat menggunakan permainan balok Building Castle untuk mengembangkan kemampuan sosial anak. Kemudian untuk peneliti lebih lanjut dapat menerapkan permainan balok Building Castle dan mengembangkan alat yang digunakan agar lebih bervariasi dan menarik minat anak. ABSTRACT Putri Zizi Novia. 2017.The Implementation Of Building Castle Blocks To Improve Children Social Skills In Group A Alam Ar-Rohmah Dau Malang Regency. Primary Education And Preschool Activities Faculty Of Education State University Of Malang. Advisors(1) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. (II) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd. Keywords Social skills Building castle Blocks Game The background of this research is the low children social skills in cooperating with friends appreciating friends patience while waiting in line and obeying the rules of the game. Due to several factors as less conducive environment for social improvement of children less social skills in relationships with others the negative influence of TV social media and less varied learning. This study aims (1) to know the application of building block game building can improve children social skills in group A RA Alam Ar-Rohmah Dau of Malang Regency (2) to know improvement children social skills in group A RA Alam Ar-Rohmah Dau Regency Malang with building castle blocks game. The used research method is classroom action research (CAR) which is implemented in 2 cycles each cycle consists of 1 meeting. The subject of this research is the children of group A RA Alam Ar-Rohmah Dau Malang Regency with 11 children. Data collection techniques include observation interviews and documentation. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative data analysis. The implementation of building castle blocks implemented with these steps 1) teacher hides the blocks in the same special stiker places 2) children divided into 2 groups 3) teacher explains how to play and rules of the game 4) children are looking for blocks that have been hidden and then build as instruction. The results showed an social improvement skills of children before and after action on cycle I. It can be seen in average class improvement 31% before action and increased 72% in cycle I then 93% in cycle II. The Building Castle blocks game implementation can also be applied to group A children. This is evidenced by the achievement from 6 aspects of activities that exist in the steps of Building castle Blocks game . The implementation of building castle blocks implemented with these steps 1) teacher hides the blocks in the same special stiker places 2) children divided into 2 groups 3) teacher explains how to play and rules of the game 4) children are looking for blocks that have been hidden and then build as instruction able to improve social skills children of group A RA Alam Ar-Rohmah. Beside this success it is recommended for teachers and institutions to use Building Castle blocks game in improving children s social skills. Then for further researchers can apply building castle blocks game and improve the tools used to be more varied and interest the child.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item View Item