Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Dayang Kurniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Dayang Kurniati

Kurniati, Dayang (2017) Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Dayang Kurniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniati Dayang. 2017. Penggunaan Media Pop up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang . Skripsi Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sjaffrudin A. Rahman S.Pd M.Pd (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Pop up Book Keterampilan berbahasa Indonesia terdiri dari keterampilan menyimak keterampilan berbicara keterampilan membaca dan keterampilan menulis dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Keterampilan berbicara akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi siswa. Berdasarkan hasil observasi keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan proses pelaksanaan media Pop up Book terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Ampeldento 01 Malang serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang langkah-langkahnya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan 2) tahap pelaksanaan 3) tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 23. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) dokumentasi dan 3) tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pop up Book dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang terlihat dari hasil tes keterampilan berbicara siswa dilihat dari segi proses yang temasuk dalam kategori baik pada siklus I dengan persentasi 79% meningkat pada siklus II menjadi 87 5% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari segi hasil dibuktikan dengan nilai ratarata keterampilan berbicara siswa pada pratindakan 63 5 meningkat menjadi 74 pada siklus I dan meningkat menjadi 79 pada siklus II. Presentase KKM juga mengalami peningkatan dari 30% pada pratindakan meningkat menjadi 56 5% pada siklus I dan 78% pada siklus II. Disarankan agar guru menggunakan media Pop up Book sebagai media pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran lain agar siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena hal ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item View Item