Penerapan model numbered heads together untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Mas Idayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model numbered heads together untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Mas Idayu

Idayu, Mas (2017) Penerapan model numbered heads together untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Mas Idayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Idayu Mas. 2017. Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang . Skripsi Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.R. S.Pd. M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci numbered heads together keterampilan berbicara NHT Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang diketahui bahwa pembelajaran hanya berorientasi pada buku sebagai sumber belajar sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dan pembelajaran berpusat pada guru. Setelah guru menjelaskan siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang disampaikan namun tidak ada siswa yang aktif bertanya sehingga guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan hanya terdapat 5 siswa yang mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan sedangkan lainnya diam. Siswa yang menjawab pertanyaan juga menjawab dengan suara pelan sehingga agak terdengar kurang jelas sampai ke belakang penggunaan bahasa Indonesia yang belum baik juga terdengar seperti pilihan kata yang kurang tepat kalimat belum runtut dan sikap tidak percaya diri karena terlihat ragu-ragu. Berdasarkan hasil observasi tersebut diketahui bahwa siswa kurang menguasai aspek berbicara. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) Mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III B SD Negeri Kedungkandang 2 Kota Malang. 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III B SD Negeri Kedungkandang 2 Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang langkah-langkahnya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan 2) tahap pelaksanaan 3) tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang dengan jumlah siswa 29. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) dokumentasi dan 3) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang terlihat dari hasil tes keterampilan berbicara siswa dari siklus I memperoleh prosentase ketuntasan 72% meningkat ke siklus 2 mencapai 88 8%. Disarankan agar guru menggunakan model Numbered Heads Together sebagai model pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran lain agar siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena hal ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6613

Actions (login required)

View Item View Item