Peningkatan hasil belajar siswa pada materi data dan pengukuran melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IVA SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Ahmad Saiful Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada materi data dan pengukuran melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IVA SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Ahmad Saiful Amin

Amin, Ahmad Saiful (2017) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi data dan pengukuran melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IVA SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Ahmad Saiful Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amin Ahmad Saiful. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Data Dan Pengukuran Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV A SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Ke-pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen dan Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Yuniawatika M.Pd. Kata kunci hasil belajar data dan pengukuran model pbl Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV A SDN Ponggok 04 menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian siswa masih rendah. Terdapat 15 siswa (75%) yang belum tuntas belajar dan hanya 5 siswa (15%) yang tuntas belajar dari total 20 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher center). Banyak siswa yang diam terlihat bosan dan ramai sendiri. Sehingga hasil belajarnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PBL pada mata pelajaran matematika materi data dan pengukuran siswa kelas IV A SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi data dan pengukuran siswa kelas IV A SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar melalui model PBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas IV A sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 84% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I sebesar 80% dan meningkat pada siklus II sebesar 96%. Nilai hasil rata-rata siswa pada pratindakan adalah 58 25 dengan ketuntasan belajar sebesar 25%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69 dengan ketuntasan belajar sebesar 52 6%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80 2 dengan ketuntasan belajar sebesar 89 2%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model PBL pada materi data dan pengukuran sudah sangat baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model PBL. Penerapan model PBL pada materi data dan pengukuran meningkatkan hasil belajar siswa dari 5 siswa yang tuntas belajar pada tahap pratindakan menjadi 17 siswa tuntas belajar pada siklus II. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model PBL pada mata pelajaran lainnya siswa hendaknya dapat saling bertukar pendapat saat belajar kelompok dan sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item