Peningkatan keterampilan berbicara melalui permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Jesri Versoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Jesri Versoni

Versoni, Jesri (2017) Peningkatan keterampilan berbicara melalui permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Jesri Versoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Versoni Jesri. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Siswa Kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Permainan Bisik Berantai Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada bulan Agustus sampai dengan bulan September 2016 keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang dalam pembelajaran masih rendah. Beberapa siswa tidak mau menjawab pertanyaan guru karena takut salah dan mereka juga tidak berani berbicara di depan kelas. Namun kalaupun ada yang memiliki keberanian hanya sekitar 4 sampai 5 siswa dan itupun berbicaranya masih tersendat-sendat tidak akurat dan tidak runtut. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan permainan bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang (2) mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang dengan menggunakan permainan bisik berantai. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus (siklus I dan II). Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui permainan bisik berantai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan berbicara siswa menggunakan permainan bisik berantai menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I adalah 66 7% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II adalah 81 5% dengan kategori baik. Jadi peningkatan keterampilan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14 8%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) permainan bisik berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dikarenakan permainan bisik berantai sesuai dengan karakteristik siswa (2) penerapan permainan bisik berantai berhasil karena dapat meningkatkan aktivitas partisipasi dan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Sawojajar 6 Kota Malang. Saran dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan permainan bisik berantai dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dengan menyesuaikan tema situasi dan kondisi lingkungan sekolah masing-masing agar kegiatan pembelajaran dapat bervariasi dan siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item