Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative script pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar / Yanuar Pristiwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative script pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar / Yanuar Pristiwanto

Pristiwanto, Yanuar (2017) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative script pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar / Yanuar Pristiwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pristiwanto Yanuar 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd (2) Drs. Suhel Madyono S. Pd M. Pd Kata Kunci keterampilan menulis deskripsi cooperative script Hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 pada pembelajaran menulis deskripsi menunjukkan bahwa (1) guru menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media selama pembelajaran (2) siswa kebingungan dikarenakan tidak adanya media (3) siswa kurang memahami penggunaan kata baku penggunaan huruf kapital serta tanda baca yang tepat (4) hasil belajar siswa kurang baik dari 22 siswa yang memenuhi KKM lebih dari sama dengan 75 sebanyak 10 siswa sedangkan 12 siswa belum memenuhi KKM kurang dari sama dengan 75. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di SDN Kalimanis 01 siswa masih belum efektif dan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan unruk (1) mendeskripsikan penerapan model Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi setelah penerapan model Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Kalimanis 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dalam menggunakan model Cooperative Script pada siklus I adalah 85% dan siklus II adalah 95%. Persentase ativitas siswa pada siklus I adalah 85% dan siklus II adalah 95%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 72 72 dengan ketuntasan klasikal 45 5%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 62 dengan ketuntasan klasikal 74 23%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83 33 dengan ketuntasan klasikal mencapai 95 45%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Script dilaksanakan guru dengan sangat baik serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Sebagai saran guru hendaknya dapat menerapkan model Cooperative Script dalam pembelajaran menulis deskripsi. Selain itu diperlukan variasi media dan latihan yang diulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item