Pengembangan multimedia interaktif untuk mobile learning berbasis android pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Kabupaten Malang / Andelia Nindita Rosadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk mobile learning berbasis android pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Kabupaten Malang / Andelia Nindita Rosadi

Rosadi, Andelia Nindita (2016) Pengembangan multimedia interaktif untuk mobile learning berbasis android pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Kabupaten Malang / Andelia Nindita Rosadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosadi Andelia Nindita. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VIIIdi SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci Multimedia Interaktif Mobile Learning Android Bahasa Jawa. Adanya berbagai inovasi dalam dunia pendidikan khususnya inovasi pada penggunaan media pembelajaran membuat pendidik lebih dimudahkan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dan mutakhir bagi siswa.Kemajuan TIK dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pendidikan mengakibatkan munculnya berbagai inovasi oleh para praktisi pendidikan untuk menciptakan media-media pembelajaran yang lebih baik pula. Termasuk penggunaan atau pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran mobile bagi siswa. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif untuk mobile dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas VIII yang valid dan efektif. Model pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi model pengembangan Lee dan Owens (2004). Penggunaan model ini didasari alasan bahwa model pengembangan inimemiliki langkah yang lengkap. Pada model ini terdapat beberapa analisis yaitu (1) analisis kebutuhan (2) analisis awal hingga akhir yang terdapat 10 analisis (3) desain (4) pengembangan (5) pelaksanaan (6) penilaian. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid yakni dengan ditunjukkandari hasilperhitungan data 1 orang ahli media 94% 1 orang ahlimateri90% 1 orang uji coba perseorangan 94% 3 orang uji coba kelompok kecil 92 8%dan 20 orang ujicobalapangan91 4%. Multimedia interaktifinidinyatakanefektif halinidapatdianalisisdandiinterpretasikandari 25siswa yang mengikutiteshasilbelajar keseluruhansiswamengalamiketuntasanbelajarataumemenuhi KKM ( 8805 70) setelahmenggunakanaplikasimultimedia interaktif untuk mobile learning Bahasa Jawa. Dengandemikiandapatdijelaskanbahwakeseluruhansiswa yang berjumlah 25siswa 100% mengalamiketuntasanbelajarsetelahmenggunakanaplikasimultimedia interaktif untuk mobile learning berbasis Android pada pembelajaran Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item