Penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Selly Windah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Selly Windah Sari

Sari, Selly Windah (2017) Penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Selly Windah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Selly Windah. 2017. Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang . Skripsi Program Studi S1 Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci Model Think Talk Write Keterampilan Menulis Keterampilan menulis adalah kemampuan dalam mengungkapkan ide perasaan gagasan atau pendapat secara tertulis dengan memperhatikan aspek isi dan EYD yang meliputi penulisan kata tanda baca dan huruf kapital. Setelah melakukan wawancara peneliti juga melakukan observasi pada tanggal 8 Februari 2017 di kelas III B peneliti menemukan permasalahan yaitu pada hasil keterampilan menulis siswa tentang menulis surat pada tema 6 Indahnya Persahabatan terdapat 24 siswa yang mendapat nilai 75 dan 4 siswa yang mendapat nilai 75. Tujuan penelitian yang hendak dicapai yaitu mendeskripsikan cara pelaksanaan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis dengan penerapan model Think Talk Write siswa kelas III di SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Model Think Talk Write adalah susunan pembelajaran yang di mulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak mengkritisi dan alternatif solusi) hasil bacaannya di komunikasikan dengan berbagi ide dengan teman berdiskusi kemudian siswa mengkontruksi sendiri pengetahuannya dari hasil diskusi dan diungkapkan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan rancangan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi dan 4) rencana perbaikan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang dengan jumlah siswa 28 anak. Instrumen yang digunakan meliputi 1) lembar observasi 2) lembar wawancara dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar dalam keterampilan menulis siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dilihat dari hasil tes keterampilan menulis siswa kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan hasil tes keterampilan menulis siswa yang selalu meningkat dari tiap tahap. Hasil ketuntasan belajar siswa dalam menulis dari pratindakan sebanyak 4 siswa pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 6 siswa dengan prosentase sebesar 21 42% pada pertemuan 2 meningkat menjadi 10 siswa dengan prosentase sebesar 35 72%. Pada siklus II pertemuan 1 hasil ketuntasan tes keterampilan menulis siswa sebanyak 16 siswa dengan prosentase sebesar 57 14% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas dengan prosentase sebesar 82 14%. Disarankan agar guru dapat menggunakan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran selanjutnya. Pada saat menerapkan pembelajaran keterampilan menulis dengan model Think Talk Write guru hendaknya memperhatikan setiap langkah-langkah pembelajarannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item