Aprilita, Anindya (2017) Peningkatan hasil belajar IPA materi energi melalui model guided discovery pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 3 Kabupaten Blitar / Anindya Aprilita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprilita Anindya. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Melalui Model Guided Discovery pada Siswa Kelas IV SDN Tulungrejo 3 Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci hasil belajar ipa energi guided discovery Latar belakang penelitian didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang didapat hasil sebagai berikut. (1) pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah tanya jawab demonstrasi dan penugasan (2) tidak digunakan media pembelajaran karena keterbatasan waktu dan ketersediaan media yang kurang memadahi (3) keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang (4) hasil belajar siswa masih rendah yaitu dari 18 siswa hanya 6 siswa (33%) yang tuntas (KKM 8805 75). Dari permasalahan tersebut akan diterapkan model guided discovery sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa pada 3 aspek (kognitif afektif psikomotor). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model guided discovery pada pembelajaran IPA materi energi pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 3 Kab. Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi energi melalui penerapan model guided discovery pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 3 Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakn dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan analisis data dilakukan langkah berupa reduksi data pemaparan data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. model ini dapat diterapkan dengan sangat baik oleh guru dengan persentase 100% dan dapat diikuti dengan sangat baik pula oleh siswa dengan persentase 98%. Serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada 3 aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotor. Nilai kognitif siswa meningkat dari rata-rata kelas sebesar 69 (kurang) pada siklus I pertemuan I menjadi 80 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 39% (sangat kurang) menjadi 94% (sangat baik). Nilai afektif aspek percaya diri meningkat dari 50% (sangat kurang) menjadi 89% (sangat baik). Sedangkan aspek kerja sama dari 67% (sangat kurang) meningkat menjadi 94% (sangat baik). Nilai psikomotor juga meningkat dari 17% (sangat kurang) menjadi 94% (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery yang dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV dari kurang sekali menjadi baik sekali. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model guided discovery pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |