Peningkatan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi melalui model group investigation pada siswa kelas IV SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar / M. Ilham Rohmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi melalui model group investigation pada siswa kelas IV SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar / M. Ilham Rohmad

Rohmad, M. Ilham (2017) Peningkatan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi melalui model group investigation pada siswa kelas IV SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar / M. Ilham Rohmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmad M. Ilham. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perkembangan Teknologi Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci IPS hasil belajar group investigation Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap proses pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki terdapat permasalahan (1) guru menggunakan model tradisional (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran (3) siswa masih pasif dalam pembelajaran (4) guru tidak membentuk kelompok belajar (5) hasil belajar siswa didapatkan bahwa dari 25 siswa ada 18 siswa yang mendapat nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Group Investigation dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar melalui model Group Investigation. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Data yang digunakan adalah data pelaksanaan pembelajaran dan data hasil belajar siswa yang dilakukan selama 2 siklus. Penelitian dilaksanakan 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh 80 55% dan siklus II memperoleh 94 44%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 76 67% dan siklus II memperoleh 93 33%. Rata-rata nilai siswa saat pratindakan yang hanya mencapai 56 53 meningkat menjadi 74 4 pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 80 05 pada siklus II. Sementara itu ketuntasan belajar siswa pada siklus I memperoleh 62% dan siklus II memperoleh 86%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan model Group Investigation pada pembelajaran IPS supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Resapombo 02 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item