Analisis komponen pendekatan ilmiah pada kegiatan pembelajaran siswa dalam buku siswa kelas III SD tema 3 perubahan di alam / Hafid Fahmi Syari'il Islami Al-Azizi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis komponen pendekatan ilmiah pada kegiatan pembelajaran siswa dalam buku siswa kelas III SD tema 3 perubahan di alam / Hafid Fahmi Syari'il Islami Al-Azizi

Al-Azizi, Hafid Fahmi Syari'il Islami (2017) Analisis komponen pendekatan ilmiah pada kegiatan pembelajaran siswa dalam buku siswa kelas III SD tema 3 perubahan di alam / Hafid Fahmi Syari'il Islami Al-Azizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al-Azizi Hafid Fahmi Syari il Islami. 2016. Analisis Komponen Pendekatan Ilmiah pada Kegiatan Pembelajaran Siswa dalam Buku Siswa Kelas III SD Tema 3 Perubahan Di Alam. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci analisis buku siswa kelas III SD pendekatan ilmiah Buku siswa merupakan buku teks yang digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013. Buku tersebut meskipun disusun oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (orang-orang yang kompeten) ternyata masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian dalam penerapan komponen pendekatan ilmiah pada kegiatan pembelajaran di buku siswa tema 3 Perubahan di Alam. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan komponen pendekatan ilmiah dalam kegiatan pembelajaran serta model pembelajaran yang digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran pada buku siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas III SD tema 3 Perubahan di Alam. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis komponen pendekatan ilmiah pada kegiatan pembelajaran. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menentukan buku yang dianalisis menyusun instrumen penelitian dan menganalisis data. Teknik analisis datanya meliputi pengumpulan data penentuan kategorisasi perekaman/pencatatan data analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) kegiatan merumuskan masalah diterapkan sebanyak 15 kali pada 12 pembelajaran yaitu pada subtema 1 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 2 pembelajaran ke-2 dan 3 dan subtema 3 pembelajaran ke-1 3 5 dan 6 sehingga diperoleh persentase sebesar 50% (2) kegiatan menyusun hipotesis diterapkan sebanyak 22 kali pada 16 pembelajaran (66 67%) yaitu pada subtema 1 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 2 pembelajaran ke-1 sampai dengan 4 subtema 3 pembelajaran ke-1 sampai dengan 5 dan subtema 4 pembelajaran ke-4 (3) kegiatan mengumpulkan data diterapkan sebanyak 40 kali pada 21 pembelajaran (87 50%) yaitu pada subtema 1 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 2 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 3 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 dan subtema 4 pembelajaran ke-1 4 dan 5 (4) kegiatan melakukan percobaan diterapkan sebanyak 24 kali pada 22 pembelajaran (91 67%) yaitu pada subtema 1 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 2 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 3 pembelajaran ke-1 3 5 dan 6 dan subtema 4 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 (5) kegiatan menarik kesimpulan diterapkan sebanyak 27 kali pada 21 pembelajaran (87 50%) yaitu pada subtema 1 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 2 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 subtema 3 pembelajaran ke-1 sampai dengan 6 dan subtema 4 pembelajaran ke-1 4 dan 5 dan (6) terdapat 10 pembelajaran yang sesuai dengan sintaks model pembelajaran pada Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih ditemukan beberapa kegiatan pembelajaran pada buku siswa tema 3 Perubahan di Alam yang tidak menggunakan komponen pendekatan ilmiah dalam implementasinya. Dengan demikian disarankan kepada guru hendaknya mencermati isi buku secara kritis sebelum menggunakannya serta guru dapat menggunakan buku panduan lain yang relevan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item