Pengembangan multimedia virtual field trip berbasis animasi untuk pendidikan sopan santun berlalu lintas di sekolah dasar / Noviana Farida

Farida, Noviana (2019) Pengembangan multimedia virtual field trip berbasis animasi untuk pendidikan sopan santun berlalu lintas di sekolah dasar / Noviana Farida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Farida, Noviana. 2019. Pengembangan Multimedia Virtual Filed Trip Berbasis Animasi untuk Pendidikan Sopan Santun Berlalu Lintas di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M,Ed., (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Multimedia Interaktif Virtual Field Trip(VFT), Animasi, Sopan Santun Berlalu Lintas di SD. Pemahaman mengenai pendidikan sopan santun berlalu lintas perlu diajarkan sejak dini terutama untuk siswa di sekolah dasar (SD). Pentingnya pendidikan sopan santun berlalu lintas dapat memberikan siswa pengetahuan untuk kemudian dapat membentuk sikap dan perilaku siswa ketika berlalu lintas. Hasil analisis dan kebutuhan awal diketahui bahwa materi tentang pendidikan sopan santun berlalu lintas di SD masih terbatas, siswa kurang paham mengenai arti rambu dan marka jalan, sebagian besar siswa belum pernah melakukan kunjungan lapangan untuk melakukan pembelajaran berlalu lintas, guru juga jarang menggunakan media ketika membelajarkan materi tentang berlalu lintas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk multimedia interaktif virtual field trip berbasis animasi untuk pendidikan sopan santun berlalu lintas di SD yang dilengkapi dengan buku petunjuk yang dinyatakan layak dengan memenuhi kriteria kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan produk multimedia yang digunakan yaitu Lee dan Owens (2004) yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) analisis, terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis awal-akhir; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Jodipan pada uji coba terbatas dan di SD Negeri Kedungkandang I pada uji lapangan. Subjek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi, guru, dan siswa kelas V SD melalui tahap validasi, uji coba terbatas, dan uji lapangan. Hasil kelayakan produk multimedia dapat dilihat dari hasil validasi ahli media mendapatkan 85%, ahli materi mendapatkan 92,5%, kepraktisan 95,26%, kemenarikan 98,87%, dan keefektifan 93,91% dan dengan Pre Eksperimental Design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Hasil pengetahuan uji t sebesar 4,528 >1,710 artinya t hitung>t tabel sehingga terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dengan sesudah menggunakan multimedia interaktif VFT. Hasil sikap uji t 4,4321>1,710, artinya t hitung>t tabel sehingga terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dengan sesudah menggunakan multimedia interaktif VFT. Multimedia interaktif VFT disarankan sebagai media alternatif yang dapat digunakan oleh sekolah atau guru yang tidak dapat melakukan perjalanan langsung untuk pendidikan sopan santun berlalu lintas di SD. Sebagai tindak lanjut produk, pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan multimedia interaktif yang serupa dengan penyajian materi yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66053

Actions (login required)

View Item View Item