Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS melalui motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Laela Lutfiana Rachmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS melalui motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Laela Lutfiana Rachmah

Rachmah, Laela Lutfiana (2019) Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS melalui motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Laela Lutfiana Rachmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rachmah Laela Lutfiana. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS melalui Motivasi Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed. (2) Dr. Yuniastuti S.H. M.Pd. Kata kunci lingkungan keluarga fasilitas belajar hasil belajar motivasi belajar Salah satu tolak ukur keberhasilan dalam belajar adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yang berperan dalam meningkatkan hasil belajar adalah lingkungan keluarga dan fasilitas belajar. Dalam lingkungan keluarga siswa mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua selain itu lingkungan keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama. Dalam fasilitas belajar siswa mendapatkan sarana dan prasarana yang memadai dalam proses belajar. Lingkungan keluarga dan fasilitas belajar dapat mengembangkan motivasi belajar siswa untuk mencapai belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa (4) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa (5) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (6) pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi dan (7) pengaruh tidak langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Sampel penelitian menggunakan teknik proportionate random sampling untuk menentukan besar sampel yang diteliti sehingga diperoleh besar sampel sejumlah 145 responden. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik yang terdiri dari normalitas heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan keluarga yang kondusif dapat menumbuh kembangkan motivasi siswa dalam belajar (2) terdapat pengaruh langsung antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar hal ini disebabkan dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadahi serta dengan pemanfaatan yang maksimal maka menumbuhkan motivasi belajar pada siswa (3) terdapat pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS hal ini disebabkan oleh keluarga yang kondusif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di sekolah (4) terdapat pengaruh langsung antara fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS hal ini disebabkan oleh tersedianya fasilitas belajar yang lengkap yang disertai dengan pemanfaatan fasilitas belajar secara maksimal akan dapat hasil belajar IPS siswa (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS hal ini disebabkan bahwa siswa memiliki ii belajar yang tinggi maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS yang optimal. Jika siswa memiliki motivasi belajar yang rendah maka hasil belajar IPS yang diperoleh siswa rendah (6) terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi belajar hal ini disebabkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka semakin besar pula pengaruh yang diberikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi belajar hal ini disebabkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka semakin besar pula pengaruh yang diberikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah guru orang tua siswa dan peneliti selanjutnya. Guru sebagai fasilitator hendaknya lebih dapat menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dengan menyediakan media belajar. Orang tua diharapkan dapat memberikan perhatian yang besar kepada anak dalam hal belajar menciptakan lingkungan belajar yang baik dan memberikan fasilitas belajar yang memadai guna membangkitkan motivasi belajar siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Siswa diharapkan memiliki kebiasaan belajar yang baik dan mampu menggali serta meningkatkan motivasi belajarnya sendiri. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menambah variabel-variabel penelitiannya dan memperluas cakupan populasi yang akan digunakan dalam penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66052

Actions (login required)

View Item View Item