Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa kelas V SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang / Ranti Nur Fa'idah

Fa'idah, Ranti Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa kelas V SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang / Ranti Nur Fa'idah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Faidah, Ranti Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhandap Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Supriyono Koeshandayanto, M.Pd. M.A., (2) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. Kata kunci: Literasi Sains, Inkuiri Terbimbing, Pengetahuan awal. Sains dan teknologi saat ini bagi kehidupan manusia memiliki dampak positif dan negatif. Mengantisipasi dampak negatif, siswa perlu memiliki ide-ide ilmiah, kemampuan intelektual, kreativitas, penalaran, dan kepedulian terhadap lingkungan. Seseorang yang tanggap terhadap lingkungan sekitar dan memiliki kemampuan ilmiah dapat dikatakan berliterasi sains. Namun beberapa penelitian menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan melakuan literasi sains, sehingga diperlukan perbaikan mengajar salah satunya menggunakan inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing mengajak siswa menumbuhkan sikap ilmiah melalui penyelidikan, dan membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah serta membuat kesimpulan dan didukung dengan Pengetahuan awal. Penelitian bertujuan: 1) mengetahui perbedaan literasi sains siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing dan model konvensional; 2) mengetahui literasi sains siswa yang berPengetahuan awal tinggi dan rendah; 3) mengetahui pengaruh interaksi antara Pengetahuan awal dan model inkuiri terbimbing terhadap literasi sains. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu semua siswa kelas V SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Instrumen soal Pengetahuan awal berupa 20 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,909 memiliki kriteria tinggi, dan 10 butir soal pilihan ganda literasi sains dengan skor 0,620 dengankriteria tinggi. Hasil penelitian: 1) terdapat perbedaan peningkatan literasi sains antara siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol materi peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V sekolah dasar; 2) terdapat peningkatan literasi sains pada kelas eksperimen ataupun kelas kontrol baik yang memiliki Pengetahuan awaltinggi maupun rendah; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara Pengetahuan awal dan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66050

Actions (login required)

View Item View Item