Studi kasus penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School Malang / Varda Putri Rozafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School Malang / Varda Putri Rozafi

Rozafi, Varda Putri (2019) Studi kasus penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School Malang / Varda Putri Rozafi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Rozafi Varda Putri. 2019. Studi Kasus Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SD Brawijaya Smart School Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Prof. Dr. Cholis Sadijah M.Pd. M.A Kata Kunci Study Kasus Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pelaksanaan dan evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah 2) peran penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah pada karakter peserta didik 3) keterkaitan antara penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dan dampaknya pada karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Brawijaya Smart School Kota Malang dengan subjek peserta didik guru staf sekolah dan kepala sekolah yang berhubungan dengan fokus penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dalam penelitian ini triangulasi dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu (a) membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara (b) membandingkan hasil wawancara dengan dokumen atau arsip foto pelaksanaan kegiatan (c) membandingkan hasil pengamatan dengan dokumen atau arsip foto pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter berbasis budaya sekolah dilakukan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yaitu melalui kegiatan rutin kegiatan spontan kegiatan terprogram kedisiplinan dan keteladan. Karakter siswa yang tampak dari penanaman nilai karakter berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School adalah religius nasionalis mandiri gotong-royong dan integritas. Berbasis temuan penelitian disarankan agar sekolah mengembangkan perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter yang lebih baik lagi serta lebih meningkatkan konsistensi pelaksanaan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati. Pengawasan atau monitoring PPK sebaiknya juga dilakukan secara berkala untuk memaksimalkan pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66048

Actions (login required)

View Item View Item