Pembinaan kedisiplinan siswa melalui penguatan pendidikan karakter di SDN Kauman 1 Kota Malang / Lenita Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembinaan kedisiplinan siswa melalui penguatan pendidikan karakter di SDN Kauman 1 Kota Malang / Lenita Puspitasari

Puspitasari, Lenita (2019) Pembinaan kedisiplinan siswa melalui penguatan pendidikan karakter di SDN Kauman 1 Kota Malang / Lenita Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

x ABSTRAK Puspitasari Lenita. 2019. Pembinaan Kedisiplinan Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Kauman 1 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M. Pd M. A (2) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd. Kata Kunci Kedisiplinan Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Dasar SDN Kauman 1 Kota Malang merupakan sekolah Adiwiyata mandiri dan sekolah piloting program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pertama di Kota Malang. SDN Kauman 1 di Kota Malang juga menerima beberapa penghargaan di bidang pendidikan berkualitas sekolah salah satunya telah memenangkan juara 2 di kompetisi Nasional Penjaminan Mutu di tingkat sekolah dasar Fokus penelitian ini yaitu implementasi pembinaan kedisiplinan siswa melalui PPK berbasis kelas budaya sekolah dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini dalam bentuk foto catatan lapangan dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Kauman 1 Kota Malang telah menerapkan pembinaan kedisiplinan melalui PPK di beberapa kegiatan diantaranya (1) PPK berbasis kelas dimulai dengan perencanaan yang meliputi pembuatan tata tertib dan jadwal piket kelas manajemen kelas serta pembuatan Silabus dan RPP yang mengintegrasikan nilai karakter. Dalam pelaksanaan pembelajaran pembinaan kedisiplinan dilakukan melalui kegiatan pendahuluan inti dan penutup (2) PPK berbasis budaya sekolah dimulai dari membuat KTSP kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan (3) PPK berbasis partisipasi masyarakat dimulai dari pembuatan MOu pembuatan jadwal serta kegiatan PPK pada hari Sabtu minggu ke-dua setiap bulannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembinaan kedisiplinan siswa melalui PPK di SDN Kauman 1 Kota Malang dilakukan melalui basis kelas budaya sekolah dan partisipasi masyarakat. Penerapan kedisiplinan melalui PPK dapat mengembangkan nilai karakter utama maka disarankan untuk sekolah yang memiliki karakteristik belum/ kurang dalam mengintegrasikan nilai kedisiplinan dapat melaksanakan pembinaan kedisiplinan melalui PPK berbasis kelas budaya sekolah dan partisispasi masyarakat. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk meneliti tentang branding school yang belum diteliti secara mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66046

Actions (login required)

View Item View Item