Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD / Fridolin Vrosansen B.

Borolla, Fridolin Vrosansen (2019) Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD / Fridolin Vrosansen B. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Borolla, Fridolin, Vrosansen. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. (2) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: buku pengayaan, nonfiksi, literasi baca tulis, minat baca Buku pengayaan nonfiksi sangat diperlukan untuk menunjang buku teks pelajaran pada kegiatan pembelajaran dan kegiatan literasi. Ketersediaan buku pengayaan nonfiksi yang berbasis kontekstual masih terbatas. Hal ini mengakibatkan siswa belum menguasai potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain siswa guru pun merasa terbatas ketika berupaya untuk mengajarkan siswa tentang sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Terbatasnya buku pengayaan dan konten yang belum kontekstual inilah yang mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk membaca buku. Penelitian ini menggunakan jenis research and development (R&D) dengan model pengembangan yang berbasis produk yaitu Hannafin & Peck yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) assess needs; (2) design; dan (3) development/implementation. Ketiga tahapan itu dievaluasi dan direvisi. Instrumen penelitian berupa angket. Validator menguji tingkat validitas ditinjau dari aspek isi/materi, bahasa, dan desain/grafika. Praktisi/guru menguji kelayakan buku pada aspek materi dan aspek penyajian, dan siswa enam orang pada uji kemenarikan produk berupa buku pengayaan nonfiksi Sagu Beragam Manfaat, serta uji tingkat keefektifan dan minat baca siswa. Produk yang dikembangkan dengan terdiri dari buku guru dan buku siswa. Buku guru berisi petunjuk-petunjuk penggunaan buku siswa dan buku siswa berisi materi tentang tanaman sagu. Buku siswa terdiri dari sembilan sub bab yaitu (1) asal-usul tanaman sagu; (2) tanaman sagu di Kepulauan Aru; (3) struktur pohon sagu; (4) jenis tanaman sagu di Aru; (5) penanaman, pemeliharaan dan pelestarian tanaman sagu; (6) panen tanaman sagu; (7) pengelolaan tepung sagu; (8) pemanfaatan struktur pohon sagu; dan (9) ulat sagu. Pada akhir setiap sub bab terdapat soal-soal penguasaan materi. Hasil penelitian pada uji validasi ahli materi, bahasa, dan desain/grafika terhadap produk dikualifikasikan layak untuk digunakan di sekolah dasar kelas IV. Adapun masukan berupa kritikan dan saran untuk perbaikan produk pada aspek materi, bahasa dan desain. Buku pengayaan disarankan untuk tidak hanya digunakan di dalam kelas melainkan pula di luar kelas. Produk yang telah jadi perlu dikembangkan lebih lanjut pada waktuÔÇôwaktu mendatang agar buku pengayaan ini dapat membantu siswa beradaptasi dengan pesatnya perkembangan zaman serta dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran di wilayah Maluku khususnya Kepulauan Aru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66042

Actions (login required)

View Item View Item