Borolla, Fridolin Vrosansen (2019) Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD / Fridolin Vrosansen B. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Borolla Fridolin Vrosansen. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata kunci buku pengayaan nonfiksi literasi baca tulis minat baca Buku pengayaan nonfiksi sangat diperlukan untuk menunjang buku teks pelajaran pada kegiatan pembelajaran dan kegiatan literasi. Ketersediaan buku pengayaan nonfiksi yang berbasis kontekstual masih terbatas. Hal ini mengakibatkan siswa belum menguasai potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain siswa guru pun merasa terbatas ketika berupaya untuk mengajarkan siswa tentang sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Terbatasnya buku pengayaan dan konten yang belum kontekstual inilah yang mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk membaca buku. Penelitian ini menggunakan jenis research and development (R D) dengan model pengembangan yang berbasis produk yaitu Hannafin Peck yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) assess needs (2) design dan (3) development/implementation. Ketiga tahapan itu dievaluasi dan direvisi. Instrumen penelitian berupa angket. Validator menguji tingkat validitas ditinjau dari aspek isi/materi bahasa dan desain/grafika. Praktisi/guru menguji kelayakan buku pada aspek materi dan aspek penyajian dan siswa enam orang pada uji kemenarikan produk berupa buku pengayaan nonfiksi Sagu Beragam Manfaat serta uji tingkat keefektifan dan minat baca siswa. Produk yang dikembangkan dengan terdiri dari buku guru dan buku siswa. Buku guru berisi petunjuk-petunjuk penggunaan buku siswa dan buku siswa berisi materi tentang tanaman sagu. Buku siswa terdiri dari sembilan sub bab yaitu (1) asal-usul tanaman sagu (2) tanaman sagu di Kepulauan Aru (3) struktur pohon sagu (4) jenis tanaman sagu di Aru (5) penanaman pemeliharaan dan pelestarian tanaman sagu (6) panen tanaman sagu (7) pengelolaan tepung sagu (8) pemanfaatan struktur pohon sagu dan (9) ulat sagu. Pada akhir setiap sub bab terdapat soal-soal penguasaan materi. Hasil penelitian pada uji validasi ahli materi bahasa dan desain/grafika terhadap produk dikualifikasikan layak untuk digunakan di sekolah dasar kelas IV. Adapun masukan berupa kritikan dan saran untuk perbaikan produk pada aspek materi bahasa dan desain. Buku pengayaan disarankan untuk tidak hanya digunakan di dalam kelas melainkan pula di luar kelas. Produk yang telah jadi perlu dikembangkan lebih lanjut pada waktu waktu mendatang agar buku pengayaan ini dapat membantu siswa beradaptasi dengan pesatnya perkembangan zaman serta dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran di wilayah Maluku khususnya Kepulauan Aru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/66042 |
Actions (login required)
View Item |