Wulansari, Liantika (2017) Analisis pelaksanaan pendekatan saintifik berbasis kurikulum 2013 pada kelas IV Sultan Hasanudin SDN Kepanjenlor 02 Kota Blitar / Liantika Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulansari Liantika. 2017. Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Berbasis Kurikulum 2013 pada Kelas IV Sultan Hasanudin SDN Kepanjenlor 02 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SDN Kepanjenlor 02 diketahui bahwa pelaksanaan keterampilan pendekatan saintifik belum semuanya digunakan dalam satu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi-kan perencanaan pelaksanaan penilaian pembelajaran dan hambatan yang ditemui guru serta upaya mengatasi hambatan dalam implementasi pendekatan saintifik di kelas IV SDN Kepanjenlor 02 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tinjauan dari sisi perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling incidental. Teknik dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu observasi wawancara angket dan instrumen yang digunakan yaitu dokumentasi. Tahap penelitian terdiri dari 4 yaitu studi awal pengajuan proposal pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan penyajian data menggunakan penghitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan pendekatan saintifik dengan menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik secara implisit. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik yang meliputi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi/ mencoba mengasosiasi/menalar mengomunikasikan dan mencipta. Keterampilan tersebut tidak semuanya dilaksanakan siswa dalam kegiatan pembelajaran menyesuaikan dengan materi pembelajaran. Guru juga sudah menggunakan penilaian autentik yang dilengkapi dengan instrumen dan rubrik penilaian untuk menilai aktualisasi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi/ mencoba mengasosiasi/menalar mengomunikasikan dan mencipta yang dimunculkan siswa. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan pendekatan saintifik dalam RPP pada proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru tergolong rendah dengan persentase sebesar 66%. Pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori sangat rendah dengan persentase 55%. Pelaksanakan penilaian pembelajaran termasuk kategori cukup baik dengan persentase 72 7%. Hambatan yang dialami guru yaitu siswa kurang berani bertanya secara klasikal siswa kurang aktif dalam diskusi kurangnya ketersediaan KBBI di kelas siswa kurang memahami bacaan di buku dan kurangnya keterampilan siswa dalam menggunakan alat peraga. Upaya yang dilakukan guru salah satunya yaitu meminjam KBBI dari perpustakaan sekolah. Disarankan kepada pihak lain baik guru maupun lembaga sekolah untuk menerapkan keterampilan pendekatan saintifik dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6603 |
Actions (login required)
View Item |