Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui teknik penggambaran pada subtema Aku dan Cita-citaku siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Nanda Novia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui teknik penggambaran pada subtema Aku dan Cita-citaku siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Nanda Novia Sari

Sari, Nanda Novia (2017) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui teknik penggambaran pada subtema Aku dan Cita-citaku siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Nanda Novia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Nanda Novia. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Penggambaran pada Subtema Aku dan Cita-citaku Siswa Kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka A. S.Pd. M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd Kata Kunci Keterampilan menulis puisi teknik penggambaran Teknik penggambaran merupakan salah satu teknik menulis puisi dengan mendeskripsikan objek dari berbagai sudut pandang penulis. Berdasarkan observasi pratindakan ditemukan permasalahan yaitu 3 siswa masih menanyakan judul yang akan dijadikan puisi kepada guru 5 siswa terlihat melamun ketika menulis puisi 3 siswa terlihat menoleh ke arah teman yang ada disebelahnya 13 siswa menulis judul puisi tidak sesuai dengan tema sedangkan 11 siswa tidak dapat menciptakan rima pada puisi yang telah ditulis 5 siswa menulis puisi seperti menulis karangan biasa 19 siswa menggunakan pilihan kata yang kurang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan teknik penggambaran dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada subtema aku dan cita-citaku siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu teknik deskriptif data kualitatif yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan teknik penggambaran mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru siklus I sebesar 94% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Siklus II aktivitas guru 97% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Sementara itu hasil keterampilan menulis puisi pada pratindakan tidak terdapat siswa yang tuntas dan nilai rata-rata kelas 51 92. Pada siklus I hasil keterampilan menulis puisi siswa meningkat 7 siswa yang tuntas mencapai KKM yaitu 85 dengan nilai rata-rata kelas 74 9 dan ketuntasan klasikal 24%. Pada siklus II terjadi peningkatan 18 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 84 48 dan ketuntasan klasikal 72%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik penggambaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IVB SDN Sawotratap 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo pada siklus I sebesar 24% meningkat pada siklus II sebesar 72%. Guru disarankan menerapkan teknik penggambaran agar dapat menarik minat dan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item