Pengaruh pemanfaatan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar pada subtema merawat tumbuhan kelas II di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Yudis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar pada subtema merawat tumbuhan kelas II di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Yudis

Yudis (2017) Pengaruh pemanfaatan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar pada subtema merawat tumbuhan kelas II di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Yudis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudis. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Merawat Tumbuhan Kelas II di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd M Pd (II) Drs. H. Syaiful Imam M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Media Lingkungan Sekitar Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Dalam kurikulum 2013 penggunaan media pembelajaran perlu diterapakan. Hal ini untuk menghindari guru menggunakan metode ceramah dan pembelajaran bersifat konvensional. Media pembelajaran dapat dirancang sedemikian rupa sehiungga siswa dapat melakukan kegiatan belajar lebih leluasa kapanpun dan dimanapun. Salah satunya yaitu pemanfaatan media lingkungan sekitar yang berada disekolah. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa dihadapkan dengan hal yang nyata dan konkret. Rumusan masalah ini untuk memaparkan (1) pembelajaran pada kelas II dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar (2) adakah perbedaan hasil belajar subtema merawat tumbuhan dengan menggunakan media lingkungan sekitar (3) ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar siswa pada subtema merawat tumbuhan kelas II yang dilaksanakan di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang menggunakan media lingkungan sekitar (Kelas IIA) sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan sekitar (kelas IIB). Instrumen yang digunakan adalah tes soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain score kelompok eksperimen (14 00) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (10 03). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang dibantu dengan program SPSS 22.0 for windows untuk analisis Compare Means Independent Sampel T Test dengan one tailed menunjukkan nilai thitung ttabel (1 781 1 686) yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada subtema merawat tumbuhan kelas II SDN Lesanpuro 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item View Item