Analisis implementasi kurikulum 2013 kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Purwaningsih Handayani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Purwaningsih Handayani Putri

Putri, Purwaningsih Handayani (2016) Analisis implementasi kurikulum 2013 kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Purwaningsih Handayani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Putri Purwaningsih.Analisis Implementi Kurikulum 2013 Kelas V di SDN Bareng 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sulthoni M. Pd Pembimbing (2) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si Kata Kunci Analisis Kurikulum Implementasi dan Kurikulum 2013 Kurikulum sebagai salah satu instrumental input dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi pada masyarakat. Pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Melalui implementasi Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasisi karakter dengan pendekatan tematik dan kontekstual diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya mengkaji nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kendala yang biasa dialami oleh guru adalah sulitnya melaksanakan pembelajaran sesuai RPP karena terdapat situasi diluar rencana yang mengakibatkan waktu guru terbagi. Untuk mengatasinya guru biasanya mengarahkan peserta didik untuk belajar sesuai buku tematik atau memberi. Kendala lain adalah sulit menyesuaikan pembelajaran dengan waktu yang tersedia. Untuk mengatasi guru harus melakukan improvisasi dan memberi arahan agar peserta didik dapat melakukan kegiatan-kegiatan saintifik selama belajar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis kualitatif yaitu mendeskripsikan apa yang diamati di tempat penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan dating digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kelas V di SDN Bareng 3 Malang 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kelas V di SDN Bareng 3 Malang 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kelas V di SDN Bareng 3 Malang Dari penelitian ini diketahui bahwa perencanaan yang digunakan di SDN Bareng 3 Malang membuat perancangan secara bersama-sama yang berpanduan dengan Silabus Kurikulum 2013 pada saat pembuatan RPP kendala yang dialami adalah waktu guru yang terbatas. Bahan pembelajaran untuk menyusun materi diperoleh dari buku pegangan dan memanfaatkan buku lama. Pelaksanaan pembelajaran yang dilatih oleh Dinas Pendidikan Kota Malang sudah sesuai dengan ketentuan mulai dari kegiatan pendahuluan kegiatan inti kegiatan penutup. Dengan menggunakan Kurikulum 2013 akan membuat guru dan siswa menjadi lebih aktif kreatif inovatif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang digunakan hampir sama dengan pembelajaran KTSP hanya materi lebih dieksplore. Fasilitias dan sumber belajar sudah mencukupi untuk pelaksanaan pembelajaran.Evaluasi pembelajaran yang diguanakan yaitu penilaian hasil dan penilaian proses penilaian dilakukan setiap hari. Jika siswa mendapatkan nilai dibawah KKM akan diadakan remidi. Penilaian yang digunakan guru mengikuti ketentuan sesuai Kurikulum 2013 hanya penilaian proses sedikit membutuhkan waktu karena harus melakukan pengamatan terhadap setiap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item