Pengembangan media animasi pembelajaran sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Sawojajar III Malang / Dela Noris Delen - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi pembelajaran sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Sawojajar III Malang / Dela Noris Delen

Delen, Dela Noris (2010) Pengembangan media animasi pembelajaran sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Sawojajar III Malang / Dela Noris Delen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Delen Dela Noris. 2009. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Kelas 5 SDN Sawojajar III Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata kunci pengembangan media pembelajaran animasi sistem pencernaan pada manusia. Media animasi pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah khususnya mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sawojajar III Malang penyampaian materi sistem pencernaan pada manusia masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan gambar diam. Padahal dengan metode tersebut siswa cenderung sulit memahami materi yang diberikan dan cepat bosan karena proses pencernaan begitu kompleks dan memiliki banyak istilah-istilah asing sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari pengembangan media animasi pembelajaran ini adalah untuk mengembangkan suatu media animasi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga bisa memberikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyampaikan materi sistem pencernaan pada manusia. Subjek uji coba dalam pengembangan media animasi ini adalah siswa kelas 5 SDN Sawojajar III Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan media animasi kepada ahli media ahli materi dan siswa atau audiens. Sedangkan untuk menguji kedalaman materi yang diberikan kepada siswa dilakukan pre-test sebagai evaluasi sebelum menggunakan media dan post-test sebagai evaluasi setelah menggunakan media. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase sedangkan untuk mengolah hasil pre-test dan post-test siswa adalah uji t. Hasil pengembangan media animasi pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 85% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 95% dan audiens mencapai tingkat kevalidan 89% dengan prosentase rata-rata 89 7%. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan thitung ttabel sehingga pengujian hipotesis rumus statistik H0 ditolak dan H1 diterima karena ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media animasi pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran yang disajikan secara variatif dapat merangsang minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia serta dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media animasi pembelajaran ini adalah diharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan media animasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Sehingga pengembang berikutnya dapat menghasilkan media animasi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item