Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Ratih Meylana Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Ratih Meylana Kusumawati

Kusumawati, Ratih Meylana (2017) Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Ratih Meylana Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati Ratih Meylana. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Seri Menulis Eksplanasi Sekolah Dasar. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Melalui menulis siswa dilatih untuk mengungkapkan gagasan ide serta perasaan melalui tulisan. Dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis eksplanasi diperlukan usaha dengan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran yang ada di kelas. Penerapan media gambar seri dapat digunakan untuk memberi stimulus kepada siswa agar siswa dapat mengembangkan daya imaginasi membantu mengembangkan gagasan yang dimiliki dan membangun konsep siswa untuk menulis teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan siswa menulis eksplanasi di kelas V-A yang dibelajarkan tanpa menerapkan media gambar seri (2) mendeskripsikan kemampuan siswa menulis eksplanasi di kelas V-B yang dibelajarkan dengan menerapkan media gambar seri (3) mendeskripsikan pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis eksplanasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 dengan jumlah 82 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 54 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa RPP instrumen menulis pre-test dan post-test instrumen penilaian menulis eksplanasi dan media gambar seri Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-t menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 24.0 for Windows. Uji hipotesis dilakukan pada data hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan thitung sebesar 2 145 dengan harga ttabel lebih kecil yakni 2 006. Nilai probabilitas yang diperoleh 0 037 lebih kecil dari taraf signifikansi yang digunakan yaitu 0 05 (5%) maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 17 59 lebih rendah dibandingkan dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 22 6. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis eksplanasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan media pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan menulis eksplanasi. Bagi lembaga Pendidikan pembinaan penggunaan media dapat lebih diefektifkan untuk meningkatan kualitas pembelajaran. ABSTRACT Kusumawati Ratih Meylana. 2017. The Influences Using Picture Series Media through Writing Skill in Explanation Text at Fifth Grade Students of SDN Tanjungsekar 1 Lowokwaru Malang. Study Program of Primary Teacher Eduction. Departement of Primary Education and Preschool. Faculty of Science Education Universitas Negeri Malang. Supervisors (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Keywords Picture Series Media Writing of explanation text Elementary School Writing is one of language skill that must mastered by student. Through writing student trained to express concept ideas and feelings by writing. To improve writing explanations effort needed to correct the implementation of learning activities in the classroom. The application of using picture media series can be used to stimulate students in order that students can develop their imagination help develop their ideas and built student concepts to write explanatory texts. The purposes this research are follows (1) describing students writing skill in text explanations at V-A grade that learned without using picture series media (2) describing students writing skill in text explanation at V-A grade was learn using picture series media (3) describing influences picture series media through writing skill in explanation text at fifth grade of SDN Tanjungsekar 1 Lowokwaru Malang. This research using quantitative approach with kind of quasi experiment and research design used nonequivalent control group design . The population of this research are students of fifth grade SDN Tanjungsekar 1 with 82 students. Sample of this research consist of 54 students determined by simple random sampling technique. The research instruments were lesson plan writing instruments that pre-test and post-test the assessment instrument of writing explanation text and picture media series. Result of data analyzed by statistic descriptive and test-t using program of SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 24.0 for Windows. Hypothesis test is done in result on the data of post-test experiment and control class which show thitung like 2.145 with value ttabel smaller that is 2 006. Probability value obtained 0 037 (less than 0.05 (5%) so Ho was rejected and Ha was accepted with the difference of pre-test and post-test value control class 17 59 lower than difference value pre-test and post-test class experiment with 22 6 The result hypothesis above indicated there were significance influences between using picture media series through writing skill in explanation at fifth grade of SDN Tunjungsekar 1 Lowokwaru Malang. This results should be used as an addition material teaching for teacher to improve writing skill in explanation text. For institution development of media used can be more effective to improve quality of teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item View Item