Peningkatan hasil belajar PKn mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas III SDN Wonorejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Cahyanti Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas III SDN Wonorejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Cahyanti Dwi Astuti

Astuti, Cahyanti Dwi (2017) Peningkatan hasil belajar PKn mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas III SDN Wonorejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Cahyanti Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Cahyanti Dwi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Melalui Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas III SDN Wonorejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. (II) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Mind Mapping hasil belajar Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas III SDN Wonorejo 01 pada proses pembelajaran Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia yaitu (1) guru belum melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran (2) guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa (3) guru belum memanfaatkan waktu secara maksimal sehingga siswa memiliki ruang untuk bermain sendiri (4) guru hanya berpusat pada satu tempat sehingga siswa kurang mendapatkan bimbingan (5) ha-sil belajar siswa yaitu dari 18 siswa hanya 4 siswa (22%) yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran PKn Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 si-klus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara tes dokumenta-si dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Melalui tahap (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penyimpulan data. Hasil penelitian model pembelajaran Mind Mapping pada guru telah diterap-kan dengan sangat baik sehingga berdampak baik juga pada aktivitas siswa. Per-sentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 80% masuk kategori baik meningkat menjadi 96% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa berupa aspek psikomotor dan afektif juga meningkat. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 66% masuk kategori cukup meningkat menjadi 94% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menga-lami peningkatan dari rata-rata 67.94 dan ketuntasan 22% dengan kategori kurang sekali sebelum tindakan menjadi rata-rata 75 dan ketuntasan 58% dengan kategori kurang pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 84.5 dan ke-tuntasan 94% dengan rata-rata sangat baik. Model pembelajaran Mind Mapping telah diterapkan dengan baik sehingga aktivitas guru meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa juga menga-lami peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga penelitian ini berhasil. Disa-rankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat lebih optimal. Bagi peneiti lanjutan hendak-nya menggunakan media pembelajaran agar menarik perhatian memotivasi dalam pengelompokkan siswa memusatkan perhatian sehingga dapat meningkatkan ha-sil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item