Sari, Yunita Nurlaila (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui model role playing pada siswa kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar / Yunita Nurlaila Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Yunita Nurlaila. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui Model Role Playing pada Siswa Kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (II) Suminah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar ips role playing Peningkatan merupakan suatu perubahan untuk menjadi lebih baik. Suatu peningkatan sangatlah penting di dalam kegiatan pembelajaran baik dari segi proses maupun hasil. Hasil belajar sendiri merupakan segala bentuk kemampuan yang didapat siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar perlu adanya peningkatan dalam hasil belajar mata pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dikarenakan 71% siswa mendapatkan nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Role Playing dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari pertemuan 1 dan pertemuan 2. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan pada aktivitas guru aktivitas siswa dan ketuntasan belajar klasikal. Ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan aktivitas guru dari 89% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan aktivitas siswa dari 72 5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal saat pratindakan sebesar 28% mengalami peningkatan menjadi 38% pada siklus I dan berakhir pada angka 94% pada siklus II. Dari jumlah siswa 34 sebanyak dua siswa tidak tuntas. Kesimpulan yang bisa diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model Role Playing pada mata pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar. Disarankan kepada guru yang ingin meningkatkan hasil belajar IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia hendaknya menerapkan model Role Playing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |