Implementasi pendekatan saintifik dalam perenaaan basis kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal SDN Gugus II Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Nita Rochmana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik dalam perenaaan basis kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal SDN Gugus II Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Nita Rochmana Sari

Sari, Nita Rochmana (2017) Implementasi pendekatan saintifik dalam perenaaan basis kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal SDN Gugus II Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Nita Rochmana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Nita Rochmana. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Perencanaan Basis Kurikulum 2013 Pada Kelas IV Semester Gasal SDN Gugus II Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Suhartono S.Pd M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Implementasi Pendekatan Saintifik Perencanaan pembelajaran SD Pada tahun ajaran 2013-2014 pendidikan mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik terdiri dari kegiatan mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil wawancara peneliti pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik guru mengalami kendala ketika melaksanakan penilaian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif ekspo-fakto. Populasi penelitian adalah guru kelas IV di SDN gugus II kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan dan 2 guru yang ditetapkan sebagai sampel meliputi guru dari SDN Gambiran 1 dan SDN Candiwates 1. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan prosentase 91 6% hasil telaah RPP tentang kesesuaian dengan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memperoleh nilai dengan kualifikasi sangat baik dan penilaian pendekatan saintifik dikategorikan sangat baik dengan prosentase 90 276%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan implementasi pendekatan saintifik di SDN Gugus II kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan tergolong sangat baik. Guru disarankan untuk mengembangkan kemampuan dalam perencanaan dengan pendekatan saintifik dan penilaian dengan pendekatan saintifik. Bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas jangkauan penelitian agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item