Peningkatan membaca permulaan melalui strategi membaca nyaring subtema lingkungan sekitar rumahku siswa kelas 1 SDN Mergosono 5 di Kota Malang / Fitri Lailatur Rida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan membaca permulaan melalui strategi membaca nyaring subtema lingkungan sekitar rumahku siswa kelas 1 SDN Mergosono 5 di Kota Malang / Fitri Lailatur Rida

Rida, Fitri Lailatur (2017) Peningkatan membaca permulaan melalui strategi membaca nyaring subtema lingkungan sekitar rumahku siswa kelas 1 SDN Mergosono 5 di Kota Malang / Fitri Lailatur Rida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rida Fitri Lailatur. 2017. Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Strategi Membaca Nyaring Subtema Lingkungan Sekitar Rumahku Siswa Kelas I SDN Mergosono 5 di Kota Malang. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Membaca permulaan strategi membaca nyaring bahasa Indonesia SD. Berdasarkan observasi 5 Januari 2017 di kelas I SDN Mergosono 5 Kota Malang ditemukan masalah terkait pelafalan dan intonasi yang kurang tepat kurang menguasai tanda baca serta terbata-bata dalam membaca. Hal tersebut disebabkan guru tidak memberikan contoh membaca terlebih dahulu sebelum meminta siswa membaca nyaring hanya mengerjakan BKS (Buku Kegiatan Siswa) dan kurang menggunakan media dalam pembelajaran. Strategi yang sesuai yaitu strategi membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan menyuarakan kata sesuai bacaan yang dibacanya dengan intonasi dan artikulasi serta tanda baca yang tepat. Langkah-langkah strategi membaca nyaring yaitu siswa diberi contoh membaca nyaring yang tepat kemudian diminta menirukan secara klasikal berkelompok dan individu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian yaitu data tentang proses membaca nyaring sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sumber data dalam penelitian yaitu guru dan siswa kelas 1 yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi wawancara catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari II siklus yaitu siklus I dan II. Siklus I dilakukan 1 pertemuan dan siklus II dilakukan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi membaca nyaring dapat meningkatkan membaca permulaan siswa. Proses penilaian membaca nyaring siklus I diperoleh rata-rata 73 46 atau 64 28% dan proses penilaian membaca nyaring siklus II diperoleh rata-rata 79 92 atau 82 14%. Hasil aktivitas membaca siswa menerapkan strategi membaca nyaring siklus I diperoleh persentase 80 35% dan aktivitas membaca siswa menerapkan strategi membaca nyaring siklus II diperoleh persentase 94 67%. Kesimpulan penelitian yaitu pemberian contoh membaca nyaring membuat siswa dapat melafalkan kata dan intonasi dengan tepat serta kegiatan membaca nyaring secara individu dapat menumbuhkan rasa keberanian siswa. Peningkatan proses membaca menerapkan strategi membaca nyaring dari siklus I ke siklus II sebesar 17 86%. Peningkatan aktivitas membaca siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14 32%. Disarankan kepada guru sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu sebelum pembelajaran dan menggunakan media saat pembelajaran. Disarankan kepada siswa sebaiknya tidak berebut saat pemilihan topeng. Disarankan kepada peneliti sebaiknya lebih mempersiapkan media lembar penilaian dan lembar aktivitas siswa dengan baik sebelum penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item