Pengembangan media pembelajaran visual basic power point pada subtema Macam-macam Sumber Energi pembelajaran 6 di kelas IV SDN Lowokwaru 2 Malang / Farid Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran visual basic power point pada subtema Macam-macam Sumber Energi pembelajaran 6 di kelas IV SDN Lowokwaru 2 Malang / Farid Pribadi

Pribadi, Farid (2017) Pengembangan media pembelajaran visual basic power point pada subtema Macam-macam Sumber Energi pembelajaran 6 di kelas IV SDN Lowokwaru 2 Malang / Farid Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pribadi Farid. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Visual Basic Powerpoint Pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi Pembelajaran 6 Di Kelas IV SDN Lowokwaru 2 Malang. Skripsi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. (2) Drs. Sumanto M.Pd. Kata kunci media pembelajaran Visual Basic Powerpoint subtema Macam-Macam Sumber Energi. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Lowokwaru 2 Malang pada tanggal 23 Juli 2015 ditemukan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik yang dinilai akibat tidak maksimalnya penerapan pendekatan saintifik. Dari data nilai tematik pada waktu observasi dianalisis bahwa dari sejumlah 34 peserta didik di kelas IV hanya 10 peserta didik yang tuntas atau nilainya melebihi kriteria ketuntatasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 66 (dengan predikat B-). Sehingga prosentase ketuntasan pembelajaran yang dicapai hanya 29%. Temuan yang lain menunjukkan selama ini media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik masih menggunakan gambar-gambar yang hanya ada di buku tematik dan tidak dapat digunakan secara interaktif. Berdasarkan hal tersebut pengembangan media pembelajaran Visual Basic Powerpoint perlu digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran tematik guna meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research Development) yang dikemukakan oleh Borg Gall dan dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu 1) studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan produk 4) validasi produk 5) revisi awal 6) uji coba produk 7) revisi akhir 8) hasil akhir. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh data-data validasi antara lain 1) validasi ahli materi diperoleh hasil 93 3% (sangat layak) 2) validasi ahli media diperoleh hasil 91 6% (sangat layak) 3) validasi ahli lapangan diperoleh hasil 87 5% (sangat layak) uji coba produk oleh kelompok besar diperoleh hasil 88% (sangat layak). Berdasarkan beberapa saran dan komentar dari ahli materi ahli media pembelajaran ahli lapangan dan hasil uji coba media pembelajaran ini telah direvisi dan dikaji sesuai dengan teori-teori yang telah dipaparkan. Akhirnya menghasilkan produk Media Pembelajaran Visual Basic Powerpoint pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi Pembelajaran 6 di Kelas IV-A SDN Lowokwaru 2 Malang yang di kemas dalam CD (Compact Disk). Saran bagi pengembangan media pembelajaran ini diharapkan subjek uji coba lebih luas sehingga tidak hanya diuji cobakan dalam satu sekolah. Dengan demikian dapat digunakan lebih luas. ABSTRACT Pribadi Farid. 2017. Visual Basic Powerpoint Learning Media Development on Subthemes Various Kinds of Energy Resources Six Learning in Fourth Grade of Lowokwaru 2 Elementary School of Malang. Thesis The Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. (2) Drs. Sumanto M.Pd. Keywords learning media Visual Basic PowerPoint subthemes Various Kinds of Energy Resources. Based on the observation in fourth grade of Lowokwaru 2 Elementary School of Malang on 23th of July 2015 I have found the poor performances of student s achievement in thematic learning which caused by a minimum use of scientific approach. By looking at the data of thematic grades while investigating there is only 10 out of 34 students are passed or exceeded the minimum score prescribed by the school which is 66 (with C). Consequently the learning completeness percentage only up to 29 %. The other findings in learning media used by teachers in thematic was still using images which only taken from thematic books and cannot be used interactively. Based on that fact the development of Visual Basic PowerPoint instructional media needs to be applied as an alternative in thematic lesson in order to enhance the understanding of scientific concepts and attitudes of the students itself. This study uses Research Development model presented by Borg Gall and modified into eight steps namely 1) a preliminary study 2) planning 3) product development 4) validation of products 5) initial review 6 ) trial products 7) the final revision 8) the final result. Based on the results of the development acquired data that validated such as material expert validation obtained 93.3% (well decent) media expert validation result was 91.6% (well decent) fields expert validation results of 87.5% (well decent) and products testing by a large group obtained 88% (well decent). Based on some of the suggestions and comments from the material experts instructional media learning experts field experts and the results of the learning media testing have been revised also reviewed in accordance to the theories presented. Eventually it produced Media Learning Visual Basic PowerPoint on the Subtheme Various Kinds of Energy Resources Six Learning in fourth class A of Lowokwaru 2 Elementary School of Malang in a form of CD (Compact Disk). Suggestions for the development of learning media are expected to apply this method in a larger group of subjects so that it is not only applied in a single school. Thus it can be applied more widely.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item