Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan naasi siswa kelas IV SDN Bakalan Kevamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan naasi siswa kelas IV SDN Bakalan Kevamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita

Rahmanita, Balqis Silvi (2017) Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan naasi siswa kelas IV SDN Bakalan Kevamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmanita Balqis Silvi. 2017. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Bakalan Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Tanda Baca Karangan Narasi Sekolah Dasar Berdasarkan hasil analisis terhadap karangan siswa kelas IV SDN Bakalan pada tanggal 25-26 Januari 2017 ditemukan beberapa kesalahan khususnya segi penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan penggunaan tanda baca mengindikasikan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia belum tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan penggunaan EYD pada karangan narasi siswa kelas IV SDN Bakalan. Penelitian dikhususkan untuk kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Pendekatan dan jenis penelitian untuk menggambarkan situasi yang sebenarnya tentang kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas IV SDN Bakalan. Data penelitian menunjukkan terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan siswa. Kesalahan tersebut dibagi menjadi dua tipe di antaranya (1) kesalahan penggunaan huruf kapital atau tanda baca karena ketidak hadiran pada kategori sesuai dengan kaidah (2) kesalahan penggunaan huruf kapital atau tanda baca karena kehadiran yang tidak pada kategori sesuai dengan kaidah. Kesimpulan dari penelitian ini (1) kesalahan kapital sebagai huruf pertama kata pertama pada awal kalimat tipe 1 (37 8%) dan tipe 2 (85 75%) (2) kesalahan huruf kapital sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang (44 81%) dan tipe 2 (49 25%) (3) kesalahan huruf kapital sebagai huruf pertama nama tahun bulan hari hari raya dan peristiwa sejarah tipe 1 (80%) dan tipe 2 (62 5%) (4) kesalahan huruf kapital sebagai huruf pertama kata (termasuk semua kata ulang) di dalam judul karangan tipe 1 (51 25%) dan tipe 2 (51 88%) (5) kesalahan huruf kapital sebagai huruf pertama kata sapaan orang tipe 1 (73 3%) dan tipe 2 (33 33%). (6) kesalahan tanda titik tipe 1 (34 25%) serta tipe 2 (14%) (7) kesalahan tanda koma tipe 1 (34 25%) serta tipe 2 (44 44%) (8) kesalahan tanda tanya tipe 1 (15 38%) serta tipe 2 (100%) (9) kesalahan tanda hubung tipe 1 (58 33%) (10) kesalahan tanda titik dua tipe 2 (100%) (11) kesalahan tanda seru tipe 1 (50%) serta tipe 2 (100%). Diharapkan untuk Guru mengawasi penggunaan huruf kapital dan tanda baca saat pembelajaran menulis karangan. Peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk menambah asper yang diteliti guna mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam berbasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item