Pengembangan media video pembelajaran seni budaya batik tulis untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah / Diyah Ayu Entika Qur'ani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran seni budaya batik tulis untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah / Diyah Ayu Entika Qur'ani

Qur'ani, Diyah Ayu Entika (2016) Pengembangan media video pembelajaran seni budaya batik tulis untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah / Diyah Ayu Entika Qur'ani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qur ani D. A. E. 2016. Pengembangan media video pembelajaran seni budaya batik tulis kelas X Madrasah Aliyah. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan media video pembelajaran Seni Budaya Batik Tulis Media pembelajaran adalah salah satu komponen dalam pembelajaran penggunaan media dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Salah satu media pembelajaran adalah media video yang di dalamnya terdapat rekaman kegiatan serta tahapan yang dapat diamati oleh siswa. Hal yang menjadi landasan dari pengembangan video pembelajaran ini adalah untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk video pembelajaran yang layak atau valid dan efektif untuk mata pelajaran Seni Budaya materi pokok Seni Rupa Tradisional Batik Tulis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman yang secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) analisis tujuan (3) pengembangan materi pembelajaran (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) menyusun naskah untuk media (6) produksi media (7) validasi (8) revisi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi Ahli media ahli materi dan audiens serta tes hasil belajar. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif berupa angka dari angket tes hasil belajar data kualitatif berupa tanggapan kritikdari validator dan audiens (siswa). Media video pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media sebanyak satu orang ahli materi sebanyak satu orang serta audiens sebanyak 27 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari media video pembelajaran ini dinyatakan valid dengan perhitungan ahli media 97% dengan komentar sebagai berikut secara umum sangat baik. Ahli materi 92% dengan saran sebagai berikut (a) proses mencanting mempola perlu diperjelas (b) perlu ditulis sumber video dimana video dibuat (c) sangat menarik untuk pembelajaran. Validasi perorangan 89% validasi kelompok kecil 88% dan validasi kelompok besar 89% dengan saran dan komentar sebagai berikut (a) volume suara pada video perlu di tingkatkan agar lebih jelas (b) media video ini sangat baik mempermudah dalam pembelajaran (c) video menarik dapat membuat siswa penasaran ingin melihat videonya (d) dengan video pembelajaran seni budaya siswa bisa memahami dan mencermati dengan baik dan jelas sehingga mempermudahkan siswa untuk belajar (e) dengan video pembelajaran siswa dapat mengerti secara detail pembuatan batikt tulis. Dari data kuantitatif yang diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan audiens/siswa menunjukan bahwa media video pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas. Pada hasil belajar memperoleh hasil skor rata-rata siswa sebanyak 92 5%. Dengan ini media dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses pemebaljaran di kelas kususnya pada mata pelajaran Seni Budaya materi pokok Seni Rupa Tradisional Batik Tulis (batik tulis).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item