Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui two stay two stray pada siswa kelas V di SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Faturochman - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui two stay two stray pada siswa kelas V di SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Faturochman

Faturochman, Fajar (2017) Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui two stay two stray pada siswa kelas V di SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Faturochman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faturochman Fajar. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas V di SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar matematika two stay two stray Penelitian dilakukan di SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar pada kelas V dengan jumlah siswa 16 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan karena siswa merasa kesulitan dalam pelajaran Matematika sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi tes dokumentasi catatan lapangan. Ananisis data diawali dengan reduksi data pengujian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 81% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 87%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 87% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 94%. Pada persentase aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 81% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 87%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 97% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 94%. Pada hasil belajar siswa persentase ketuntasan pada siklusi I pertemuan 1 sebesar 50% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 75%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 100% hasil ini terus bertahan hingga pertemuan 2 sebesar 100%. Paparan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa kelas V SDN Bendo 02 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item