Pamungkas, Putri Budi (2017) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model mind mapping kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar / Putri Budi Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK ABSTRAK Pamungkas Putri Budi. 2017 Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Mind Mapping Kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan. Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (2) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata Kunci hasil belajar IPS Mind Mapping Berdasarkan pratindakan kegiatan pembelajaran IPS di kelas V SDN Srengat 02 pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia diperoleh nilai ketuntasan siswa mencapai 20% dengan kategori ketuntasan sangat kurang. Selama pembelajaran guru hanya memanfaatkan buku paket dan peta/atlas sebagai media tambahan. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dan terbiasa menggunakan metode ceramah selain itu guru menjadi pusat pembelajaran sehingga siswa menjadi cenderung pasif bahkan acuh selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskipsikan penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar setelah menggunakan model Mind Mapping. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru serta siswa kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas pengamatan wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru mencapai 79% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Hasil aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa mencapai 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan ketuntasan siswa mencapai 20% dengan kategori sangat kurang siklus I tingkat ketuntasan menjadi 63% dengan kategori kurang baik kemudian meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan kategori baik. Penilaian sikap siswa menjadi lebih baik sesuai banyaknya modus yang diperoleh siswa dari 54% menjadi 66%. Penilaian keterampilan juga mengalami peningkatan sebanyak 87% dari total siswa telah mendapat skor tertinggi 4 dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping dapat diterapkan guru untuk memperbaiki pembelajaran IPS agar menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6588 |
Actions (login required)
View Item |