Implementasi pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ika Tiara Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ika Tiara Sari

Sari, Ika Tiara (2017) Implementasi pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ika Tiara Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Ika Tiara. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Bermain Drama pada Siswa Kelas IV SDN Tawangargo 02 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter Drama Kelas IV SD Tahun ini merupakan tahun ke 72 kemerdekaan Indonesia. Banyak kemajuan tampak dalam berbagai bidang. Namun bukan dalam hal pendidikan karakter. Pendidikan karakter perlu dibentuk sejak usia dini. Dan salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan kegiatan bermain drama yang dijadikan sebagai ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02 mendeskripsikan karakter yang muncul dalam penerapan pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02 dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan karakter melalui bermain drama pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa situasi alamiah foto dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru. Proses pengumpulan dapat dilakukan dengan cara yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian SDN Tawangargo 02 telah melaksanakan implementasi pendidikan karakter melalui bermain drama dengan baik. Dalam pelaksanaan kegiatan guru pun sangat baik dalam membimbing siswa. Sehingga siswa sangat senang dan mudah dibimbing. Dari 18 nilai karakter ada 11 nilai karakter yang telah terintegrasi dan nampak dalam kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini telah terlaksana dengan baik pasti ada kendala yang dihadapi. Kendala-kendala tersebut ialah hanya ada satu ekstrakurikuler pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang kurang dan beberapa siswa yang sulit diatur. Namun SDN Tawangargo 02 berusaha keras untuk membentuk karakter siswa-siswinya. Saran yang diberikan peneliti ialah guru dan sekolah harus paham tentang konsep pendidikan karakter dan harus mampu membuat kegiatan atau ekstrakurikuler lain yang dapat membantu pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa dan pembaca lain untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item