Umro, Ririt Fidiyatul (2017) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif tema Sjarah Peradaban Indonesia subtema Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia untuk kelas V sekolah dasar / Ririt Fidiyatul Umro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Umro Ririt Fidiyatul Umro. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Tema Sejarah Peradaban Indonesia Subtema Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dra. .Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran CD interaktif layak Media pembelajaran berperan penting dalam membantu menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Berdasarkan wawancara dan observasi di SDN Bareng V guru tidak pernah menggunakan media berbasis komputer pembelajaran hanya sebatas dari buku guru buku siswa dan LKS. Penelitian ini bermaksud membantu guru menyediakan media penunjang pembelajaran melalui Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Tema Sejarah Peradaban Indonesia Subtema Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick Carey. Produk pengembangan ini berupa CD interaktif yang layak menurut ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran pengguna (guru) dan siswa. CD interaktif ini dikembangkan untuk tema sejarah peradaban Indonesia subtema peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia pembelajaran ke-3 kelas V sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Bareng V Kecamatan Klojen Kota Malang selama bulan Maret hingga April 2017. Berdasarkan evaluasi formatif ahli media pembelajaran persentase kelayakan yang diperoleh sebesar 93 8 %. Kelayakan media berdasarkan ahli materi pembelajaran sebesar 91 9 % dan kelayakan media berdasarkan pengguna (guru) sebesar 91 6 %. Evaluasi formatif yang terakhir oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 91 3 %. Hasil tes awal dan tes akhir memiliki perbedaan nilai rata-rata sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media yakni 58 5% dan 85 5%. Produk CD interaktif ini dapat dijadikan sebagai media penunjang dalam pembelajaran di kelas V semester 2. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan CD interaktif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point 2010 Microsoft Power Point 2013 Microsoft Power Point 2016 dan pembelajaran 1 2 4 5 dan 6. ABSTRACT Umro Ririt Fidiyatul Umro. 2017. Developing of Interactive CD Room in Theme History of Indonesian Civilization Sub-theme the Kingdoms of Islam in Indonesia for Grade V in Primary School. Bachelor Thesis Primary Education Department Elementary and Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dra .Murtiningsih M.Pd. Keywords Development Learning Media Interactive CD-Room Teaching Media Learning media play an important role in helping convey learning to students. Based on interviews and observations at State Elementary School Bareng V teachers have never use computer-based media learning is limited only from teacher books student books and students worksheet. This research aims to help teachers to provide instructional media through the development of Interactive CD Media Learning Themes History of Indonesian Civilization Sub-heritage of the Kingdom of Islam in Indonesia for Class V Elementary School. This research uses Dick Carey development model. This development product is a viable interactive CD according to learning media experts learning material experts users (teachers) and students. This interactive CD was developed for the historical theme of Indonesian civilization sub-theme relics of the Kingdom of Islam in Indonesia learning the 3rd grade State Elementary School Bareng V primary school. The research was conducted at State Elementary School Bareng V Klojen District Malang City during March to April 2017. Based on formative media expert s evaluation the percentage of feasibility is 93 8%. Media feasibility based on learning material expert is 91 9% and media based on user (teacher) equal to 91 6%. The last formative evaluation by the students gets a percentage of 91.3%. The results of the initial and final tests have differences in mean values before using media and after using media ie 58.5% and 85.5%. This interactive CD product can be used as a supporting medium in learning in class V semester 2. The next researcher is expected to develop interactive CD by using Microsoft PowerPoint 2010 application Microsoft Power Point 2013 Microsoft Power Point 2016 and learning 1 2 4 5 and 6.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6586 |
Actions (login required)
View Item |