Arifin, Fuad Zainul (2017) Peningkatan hasil belajar tentang perjuangan para tokoh melalui model make a match siswa kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar / Fuad Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arifin Fuad Zainul. 2017. Peningkatan Hasil Belajar tentang Perjuangan Para Tokoh melalui Model Make A Match Siswa Kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd. M.Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata kunci peningkatan hasil belajar model make a match Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar pada pembelajaran IPS diketahui bahwa (1) guru masih menggunakan metode ceramah (2) siswa pasif (3) tidak ada kegiatan kelompok (4) guru tidak membuat RPP (5) guru tidak menyediakan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Make A Match dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar melalui penerapan model Make A Match. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar yang berjumlah 28. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Make A Match dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 73% dan pada Siklus II meningkat menjadi sebesar 89%. Sementara itu hasil belajar siswa pada tahap pratindakan diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 36% dengan kriteria kurang sekali. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Dari 28 siswa siswa yang tuntas sebanyak 26 dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 karena kedua siswa tersebut lambat dalam berpikir dibandingkan dengan teman-temannya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Pakunden 02 Kota Blitar dan disarankan pada guru untuk menerapkan model Make A Match agar dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |