Peningkatan hasil belajar IPS materi persiapan kemerdekaan melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar / Tutut Maya Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi persiapan kemerdekaan melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar / Tutut Maya Wulandari

Wulandari, Tutut Maya (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi persiapan kemerdekaan melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar / Tutut Maya Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Tutut Maya. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Melalui Model Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd (2) Dra. Widayati M.H. Kata kunci model pembelajaran Two Stay Two Stray hasil belajar IPS Persiapan Kemerdekaan. Observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupa-ten Blitar pada proses pembelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan yaitu (1) guru belum menggunakan RPP (2) guru menggunakan metode ceramah dan penugasan (3) sumber pembelajaran IPS hanya LKS (4) hasil belajar siswa yaitu hanya 7 siswa (38 89%) yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persiapan kemerde-kaan melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perenca-naan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar. Teknik pengum-pulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Penerapan model pembelajaran TSTS pada pembelajaran IPS materi Persia-pan kemerdekaan telah dilaksanakan guru dengan sangat baik sehingga berdam-pak baik juga pada aktivitas siswa. Siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 86 5% me-ningkat menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I dengan persentase 78% masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 88 5% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 63 dengan ketuntasan kelas 39% sebelum tindakan menjadi rata-rata 79 5 dengan ketuntasan kelas 69 5% pada siklus I dan mening-kat lagi pada siklus II menjadi rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 89%. Model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6581

Actions (login required)

View Item View Item