Pengembangan augmented reality animasi pada matakuliah teknologi jaringan / Diajeng Intan Ceria Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan augmented reality animasi pada matakuliah teknologi jaringan / Diajeng Intan Ceria Dewi

Dewi, Diajeng Intan Ceria (2016) Pengembangan augmented reality animasi pada matakuliah teknologi jaringan / Diajeng Intan Ceria Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Diajeng Intan Ceria. 2016. Pengembangan Augmented Reality Animasi Pada Matakuliah Teknologi Jaringan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M Si. Kata Kunci animasi augmented reality teknologi jaringan Pada era mobile seperti saat ini perlu ada sebuah inovasi atau teknologi yang canggih yang dapat berperan terhadap berbagai aspek kehidupan. ICT atau Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari seperti penggunaan smartphone sebagai salah satu perangkat teknologi yang canggih dan memiliki banyak kegunaan.Dengan adanya fitur-fitur yang tersedia dalam smartphone sangat memungkinkan pemanfaatan smartphone dalam pendidikan. Salah satu bentukmedia yang mudah dan menarikuntuk digunakan adalah penggunaan Augmented Reality. Teknologi Jaringan merupakan salah satu matakuliah keahlian berkarya. Kegiatan perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran dan metode tersebut dirasa kurang memenuhi kebutuhan pebelajar. Media Augmented Realitydapat membantumahasiswa untuk mendapatkan visualisasi dari materi yang bersifat abstrak.Dengandemikian makamediaAugmented Realitydapatdigunakanuntukmeningkatkan pengetahuan dan pemahaman. Tujuan dari pengembangan mengembangkan sebuah media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan computer yang diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality (AR). Untuk mengetahui hasil validitas dari media Augmented Reality untuk matakuliah Teknologi Jaringan.Untuk mengetahui kualitas media yang dikembangkan berdasarkan pendapat ahli apakah media memenuhi standart atau kriteria kelayakan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Develpment (R D) hasil adaptasi dari Borg and Gall (1983).Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Research Information Collecting (2) Planning (3) DevelopmentPreliminaryFormOfProduct (4) PreliminaryFieldTesting (5) MainProductRevision (6) MainFieldTesting (7) RevisionandFinalProduct. Subjek penelitian dalam validasi yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2013 offering B semester 6 atau yang mengikuti matakuliah Teknologi Jaringan. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 95% ahli materi 90% uji coba lapangan awal 86 98% uji coba lapangan utama 89 23%. Saran yang diajukan kepada dosen mata kuliah Teknologi Jaringan adalah pada perkuliahan selanjutnya dapat menggunakan aplikasi ini sehingga mahasiswa memperoleh sumber belajar yang maksimal. Bagi pengembang selanjutnya hendaknya bisa menambahkan materi lain dan komponen-komponen dalam produk baik dari segi operasional tampilan lebih jelas dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item