Peningkatan keterampilan mengembangkan kalimat melalui model picture and picture pada siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar / Septiani Dwi Tantiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan mengembangkan kalimat melalui model picture and picture pada siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar / Septiani Dwi Tantiwi

Tantiwi, Septiani Dwi (2017) Peningkatan keterampilan mengembangkan kalimat melalui model picture and picture pada siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar / Septiani Dwi Tantiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tantiwi Septiani Dwi. 2017. Peningkatan Keterampilan Mengembangkan Kalimat Melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan mengembangkan kalimat model picture and picture. Pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar diperoleh informasi bahwa (1) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode tanya jawab yang mengakibatkan siswa kurang aktif (2) sumber belajar dan media yang digunakan adalah buku paket sehingga materi kurang luas dan kurang menarik minat siswa saat pembelajaran (3) nilai keterampilan siswa dalam mengembangkan kalimat masih rendah dari 13 siswa hanya 4 siswa yang memperoleh nilai 8805 KKM ( 8805 75) dengan persentase 31% (kurang sekali). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan mengembangkan kalimat melalui model picture and picture pada siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model picture and picture dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik. Persentase aktivitas guru saat siklus I pertemuan 1 sebesar 94% (sangat baik) pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100% (sangat baik). Aktivitas siswa saat siklus I pertemuan 1 sebesar 77% (cukup) meningkat menjadi 98% (sangat baik) pada siklus II pertemuan 2. Terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam mengembangkan kalimat. Pada aspek kognitif rata-rata nilai saat pratindakan adalah 67 (kurang) dengan KBK 31% (kurang sekali) pada siklus I pertemuan 1 rata-rata nilai adalah 76 (cukup) dengan KBK 54% (kurang sekali) dan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata nilai adalah 89 (baik) dengan KBK 92% (sangat baik). Peningkatan keterampilan siswa aspek kognitif diimbangi dengan peningkatan aspek afektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia materi mengembangkan kalimat melalui model picture and picture telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik sehingga berdampak pada meningkatnya keterampilan siswa kelas III MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan agar guru menerapkan model picture and picture dalam pembelajaran sebagai salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item View Item