Peningkatan hasil belajar IPA tentang gerak bvenda melalui model guided discovery pada siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Anisa Dwi Elistiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA tentang gerak bvenda melalui model guided discovery pada siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Anisa Dwi Elistiyaningsih

Elistiyaningsih, Anisa Dwi (2017) Peningkatan hasil belajar IPA tentang gerak bvenda melalui model guided discovery pada siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Anisa Dwi Elistiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elistiyaningsih Anisa Dwi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Gerak Benda Melalui Model Guided Discovery pada Siswa Kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar gerak benda guided discovery Observasi yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran di kelas III menggunakan metode ceramah dan tanya jawab siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran hanya 4 siswa saja yang aktif dalam kegiatan tanya jawab dan siswa sering lupa pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Permasalahan tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPA dari 17 siswa hanya 6 siswa yang nilainya tuntas KKM dengan persentase KBK sebesar 35% (sangat kurang). Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model guided discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model guided discovery pada siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar dan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar pada materi gerak benda melalui model guided discovery. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided discovery dapat dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada ranah kognitif rata-rata nilai hasil belajar siswa mulai dari tahap pratindakan hingga siklus II pertemuan 2 secara berurutan adalah 71 73 80 dan 80. Persentase KBK mulai dari tahap pratindakan hingga siklus II pertemuan 2 secara berurutan adalah 35% (sangat kurang) 47% (sangat kurang) 65% (kurang) 76% (cukup) dan 94% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar ranah kognitif tersebut diimbangi dengan meningkatnya pula hasil belajar ranah afektif yaitu rasa ingin tahu dan kerja sama serta hasil belajar ranah psikomotor yaitu keterampilan melakukan percobaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA materi gerak benda melalui model guided discovery telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas III SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar dan dapat mencapai KBK yang ditentukan. Dengan demikian diharapkan guru menerapkan model guided discovery untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6577

Actions (login required)

View Item View Item