Peningkatan hasil berlajar IPA melalui model pembelajaran guide discovery pada kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Anton Budi Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil berlajar IPA melalui model pembelajaran guide discovery pada kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Anton Budi Jatmiko

Jatmiko, Anton Budi (2017) Peningkatan hasil berlajar IPA melalui model pembelajaran guide discovery pada kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Anton Budi Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmiko Anton Budi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Guide Discovery pada Siswa Kelas V di SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar. Skripsi. S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar IPA model Guide Discovery. Hasil observasi di SDN Sumberdiren 01 kabupaten Blitar (1) pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah (2) aktivitas siswa rendah (3) siswa tidak termotivasi untuk menyampaikan pertanyaan maupun pendapat dan (4) hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dibawah KKM dan hanya 27% siswa tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guide Discovery dan peningkatan hasil belajar IPA materi pembentukan tanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK. Penelitian dilaksananakan dalam dua siklus masing-masing dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Guide Discovery dilaksanakan oleh guru pada siklus I mencapai 90 6% (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (sangat baik) aktivitas siswa pada siklus I mencapai 93 75% (sangat baik) meningkat pada siklus II menjadi 100% (sangat baik). Terjadi peningkatan hasil belajar pada ranah afektif psikomotor dan kognitif. Nilai rata-rata kognitif siswa pada pratindakan sebesar 59 dengan kentuntasan klasikal 27% (sangat kurang) meningkat pada siklus I rata-rata 89 dan ketuntasan klasikal 82% (baik) dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 96 dengan ketuntasan klasikal 100% (sangat baik). Nilai hasil belajar pada ranah afektif aspek tanggung jawab serta ranah psikomotor aspek kecakapan juga mengalami peningkatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guide Discovery dalam pembelajaran IPA materi pembentukan tanah yang dilaksanakan oleh siswa dan guru dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar IPA ranah kognitif afektif yaitu tanggung jawab dan psikomotor yaitu kecakapan pada siswa kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Guide Discovery agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item