Peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Janardhana Aryananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Janardhana Aryananda

Aryananda, Janardhana (2017) Peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Janardhana Aryananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aryananda Janardhana. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman Melalui Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs.Suhel Madyono S.Pd. M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd Kata Kunci menulis pengumuman model tsts. Hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis pengumuman menunjukkan bahwa guru (1) tidak melakukan apersepsi dan langsung menjelaskan materi (2) tidak menggunakan model dan hanya menggunakan metode ceramah serta penugasan (3) media yang digunakan hanya papan tulis (4) pengerjaan tugas secara individu dan tidak ada kerja kelompok. Aktivitas siswa yaitu (1) siswa jenuh dan bosan (2) ramai (3) menulis pengumuman cenderung tak terarah dan tak sesuai contoh yang diberikan oleh guru (3) kurang memahami sistematika menulis pengumuman. Hasil ketuntasan penulisan pengumuman siswa secara klasikal hanya 10 siswa (26 32%) yang tuntas dan 28 siswa (73 68%) belum tuntas dari total seluruh siswa yaitu 38 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model TSTS untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV di SDN Sentul 04 Kota Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengumuman siswa melalui penerapan model TSTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan setiap siklusnya 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara evaluasi/tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model TSTS pada pembelajaran menulis pengumuman aktivitas guru pada siklus I mencapai rata-rata 72 79% (B) tingkat penguasaan baik dan pada siklus II 89 7% (A) tingkat penguasaan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 78 12% (B) tingkat keaktifan baik dan pada siklus II 88 28% (A) tingkat keaktifan sangat baik. Ketuntasan hasil keterampilan menulis pengumuman siswa pada siklus I mencapai rata-rata 65 78% (B) tingkat ketuntasan baik dan pada siklus II 82 89% (A) tingkat ketuntasan sangat baik. Kesimpulan penerapan model TSTS dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penerapan model TSTS juga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengumuman. Saran kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran TSTS dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam peningkatan keterampilan menulis pengumuman bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item