Peningkatan pemahaman perubahan kehidupan masyarakat Indonesia melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar / Retno Setyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman perubahan kehidupan masyarakat Indonesia melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar / Retno Setyana

Setyana, Retno (2017) Peningkatan pemahaman perubahan kehidupan masyarakat Indonesia melalui model two stay two stray pada siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar / Retno Setyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyana Retno. 2017. Peningkatan Pemahaman Perubahan Kehidupan Masyarakat Indonesia melalui Model Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas V SDN Srengat 01 Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd .M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci pemahaman masyarakat Indonesia model Two Stay Two Stray Penelitian ini dilaksanakan di SDN Srengat 01 Kabupaten Blitar pada siswa kelas V dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman siswa pada materi perubahan kehidupan masyarakat Indonesia sangat kurang terbukti dari rata-rata nilai kognitif siswa dalam kelas 54 dengan persentase ketuntasan klasikal 32% kriteria kurang sekali. Berdasarkan observasi diketahui (1) siswa kurang terlibat aktif membentuk pemahaman mengemukakan pendapat menjawab pertanyaan ataupun bertanya (2) interaksi yang terjadi dalam pembelajaran hanya terbatas dari guru ke siswa dan (3) pembelajaran tidak menggunakan media dan sumber belajar yang mendukung pemahaman siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Two Stay Two Stray dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dengan menerapkan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis PTK. Dilaksanakan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data pemaparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray pada materi perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan pemahaman siswa. Persentase aktivitas guru pada pratindakan 27% kriteria kurang sekali pada siklus I 84% kriteria sangat baik dan meningkat pada siklus II 97% kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada pratindakan 27% kriteria kurang sekali pada siklus I sebesar 76% kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 88% kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan untuk pemahaman siswa pada tahap pratindakan mencapai 32% kriteria kurang sekali pada siklus I sebesar 78% kriteria baik dan meningkat pada siklus II 93% kriteria sangat baik. Penilaian afektif mencakup kemampuan siswa untuk kerja sama dan percaya diri meningkat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SDN Srengat 01 Blitar dapat dilaksanakan oleh guru dan diikuti oleh siswa dengan sangat baik. Penerapan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item