Penggunaan media komik untuk meningkatkan keterampilan bercerita subtema Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam pada siswa kelas V di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Rafika Dewi Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media komik untuk meningkatkan keterampilan bercerita subtema Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam pada siswa kelas V di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Rafika Dewi Wulansari

Wulansari, Rafika Dewi (2017) Penggunaan media komik untuk meningkatkan keterampilan bercerita subtema Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam pada siswa kelas V di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Rafika Dewi Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulansari Rafika Dewi. Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan BerceritaSubtema Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam Pada Siswa Kelas V di SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media komik peningkatan keterampilan bercerita Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan bercerita pada siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang pada tahap pratindakan. Hal tersebut ditunjukkan dari kesulitan yang dialami oleh siswa pada saat melakukan kegiatan bercerita. Berdasarkan hasil tersebut 24 dari 29 siswa belum mencapai nilai minimum dalam keterampilan bercerita. Atas dasar masalah tersebut peneliti berupaya meningkatkan keterampilan bercerita siswa subtema melestarikan peninggalan Kerajaan Islam menggunakan media komik.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media komik yang dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian kali ini ialah siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan media komik ini menunjukkan peningkatan secara bertahap pada aktivitas siswa dan keterampilan bercerita siswa. Aktivitas siswa saat kegiatan bercerita pada siklus I sebesar 27 6% dan meningkat menjadi 44 8% pada siklus II. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68 79 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 72 93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komikdapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Kesimpulan dari penggunaan media komik pada kegiatan bercerita yaitu (1) Media komik yang bergambar dapat membuat siswa merasa senang (2) Melalui gambar yang ada pada komik dapat membuat siswa lebih mudah dalam melakukan kegiatan bercerita (3) Penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menceritakan suatu bahan bacaan dan (4) Hasil keterampilan bercerita dapat meningkat di setiap siklusnya. ABSTRACT Wulansari RafikaDewi. The use of comics to Improve Abilities Storytelling Sub-theme Preserving Historical Kingdoms Islamic Relief for Student Class V at State Elementary School Sawojajar 4 Malang. Bachelor Thesis Department of Primary Education Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Dra. RatnaTrieka Agustina S.Pd. M.Pd. Keywords comics improvement storytelling abilities This research was caused by the poor results of the storytelling skills in class V Sawojajar State Elementary School 4 Malang on pre-action stage. This is shown of the difficulties experienced by the students at the time of storytelling. Based on the results of 24 of the 29 students have not reached the minimum value in the storytelling skills. On the basis of these problems researchers working to improve the storytelling skills of students subtheme preserve the relics of the kingdom of Islam using comic.Penelitian media was conducted with the aim to describe the use of comics media that can enhance the storytelling skills of students and describe the storytelling skills enhancement in Class V State Elementary School Sawojajar 4 Malang city. This study used a qualitative approach with classroom action research (CAR). This study was conducted during two cycles of the first cycle and the second cycle of planning implementation observation and reflection. Subjects of this study are the fifth-grade students of State Elementary School Sawojajar 4 Malang with the number of 29 students. The data collection technique used is the test observation and documentation. The results using comics media showed a gradual increase in the activity of the students and the storytelling skills of students. Student activity when telling a story in the first cycle of 27.6% and increased to 44.8% in the second cycle. The average grade in the first cycle of 68.79 and the average on the second cycle increased to 72.93. Thus it can be concluded that the use of media comics can improve storytelling skills fifth-grade students of State Elementary School Sawojajar 4 Malang. In conclusion of media use comics in telling a story that is (1) Media comic display can make students feel happy (2) Through the existing images on the comic can make students more easily in the storytelling (3) use of media comics can improve their skills students in telling a reading material and (4) Results of the storytelling skills can be increased in each cycle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item