Pengembangan suplemen teknologi augmented reality animasi kaos bermaker mata pelajaran biologi materi pokok sistem pernapasan pada manusia kelas XI SMA Panjura / Immanuel Yeremya Irawan Putra

Putra, Immanuel Yeremya Irawan (2016) Pengembangan suplemen teknologi augmented reality animasi kaos bermaker mata pelajaran biologi materi pokok sistem pernapasan pada manusia kelas XI SMA Panjura / Immanuel Yeremya Irawan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra, Immanuel Yeremya Irawan. 2016. ÔÇ£Pengembangan Suplemen Teknologi Augmented Reality Animasi Pada Kaos Bermarker Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI SMA PANJURA. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (1) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd, (II) Yerry Soepriyanto S.T., M.T. Kata Kunci : Teknologi, Augmented Reality, Biologi, Sistem Pernapasan Pada Manusia. Dalam era yang berkembang saat ini selalu diiringi dengan pembaharuan teknologi, maka sudah menjadi keharusan manusia untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi saat ini dapat dikatakan mampu menyokong seorang guru dalam pembelajaran. Teknologi dalam pembelajaran dapat dikatakan sebagai penunjang efektifitas dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan melalui penggunaan media berbasis teknologi dalam proses pembelajaran untuk memudahkan dalam pencapain tujuan pembelajaran. Salah satu teknologi yang digunakan yaitu augmented reality. Media augmented reality yang dikembangkan nantinya berisi gambar animasi bergerak, audio, dan teks. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk augmented reality yang valid sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran Biologi kelas XI materi pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia. Secara keseluruhan, pengembangan media augmented reality animasi sistem pernapasan pada manusia ini menggunakan model pengembangan Arief S. Sadiman yang dalam pelaksanaannya melalui beberapa tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, 2) perumusan tujuan, 3) pengembangan materi pembelajaran, 4) perumusan alat pengukur keberhasilan, 5) penulisan naskah, 6) produksi media, 7) validasi, 8) revisi, 9) media siap pakai. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas XI SMA PANJURA. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dari validator dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian intrumen oleh ahli media, ahli materi, dan audiens/siswa. Pengembangan augmented reality ini telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan audiens (siswa). Media tersebut dinyatakan valid atau layak untuk digunakan sebagai multimedia pembelajaran berbasis augmented reality Biologi pokok bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia. Hal ini dibuktikan dengan dengan hasil perhitungan statistik yaitu dari ahli media didapatkan skor persentase sebesar 98,71%, ahli materi sebesar 93,03%, dari uji coba perseorangan didapat skor prosentase sebesar 93,75%, dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 91,10% dan dari uji coba kelompok besar didapat skor prosentase 91,31%. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi augmented reality ini valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Agar hasil produk program ini dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran di kelas, maka perlu pengawasan dari guru dalam penggunaan teknologi augmented reality. untuk diseminasi produk ke sasaran yang lebih luas dengan cara mengupload media ke Google Play Store

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item