Peningkatan hasil belajar siswa materi jenis dan besar sudut melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar / Amalia Desi Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa materi jenis dan besar sudut melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar / Amalia Desi Ambarwati

Ambarwati, Amalia Desi (2017) Peningkatan hasil belajar siswa materi jenis dan besar sudut melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar / Amalia Desi Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati Amalia Desi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Jenis dan Besar Sudut Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd Kata Kunci hasil belajar jenis dan besar sudut Think Talk Write (TTW) Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar pada materi jenis dan besar sudut ditemukan permasalahan antara lain siswa masih kesulitan menentukan nama sudut sikap kerja sama percaya diri dan tanggung jawab siswa pada saat mengikuti pembelajaran belum ditanamkan oleh guru dan terdapat 5 siswa telah memenuhi KKM dan 8 siswa belum memenuhi KKM. Hal ini terjadi karena (a) guru menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan pembelajaran bepusat pada guru sehingga ada siswa yang berbicara dengan temannya mencoret-coret bukunya dan merasa bosan (b) guru tidak menggunakan media saat menjelaskan materi (c) pembelajaran dilakukan secara klasikal sehingga siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan temannya tentang materi yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran matematika materi jenis dan besar sudut di kelas III SDN Beru 3 dilaksanakan dengan baik oleh guru sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa serta nilai hasil belajar siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I 79 95% kriteria cukup meningkat menjadi 96 65% kriteria sangat baik pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I 66 15% kriteria kurang meningkat menjadi 85 76% dengan kriteria baik pada siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I 71 31 dengan kriteria cukup meningkat menjadi 86 49 pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran matematika materi jenis dan besar sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Beru 3 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item View Item