Peningkatan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung / Fitria Novianti Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung / Fitria Novianti Kumalasari

Kumalasari, Fitria Novianti (2017) Peningkatan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung / Fitria Novianti Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumalasari F. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)pada Siswa Kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si Kata Kunci hasilbelajar tema Indahnya keberagaman di Negeriku model Student Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN SokoKabupatenTulungagung pembelajaran kurikulum 2013 belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya kualitas pembela-jaran dikelas. Kegiatan pembelajaran yang berjalan terlihat pasif dan masih didominasi oleh guru proses pembelajaran melalui metode ceramah tanpa menyertakan media pembelajaran penggunaan buku pelajaran sebagai satu-satunya sumber dan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkanmodel Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dapat dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik. Terjadi hasil belajar siswa. Pada nilai rata-rata siswa dari tahap pratindakan hingga siklus II pertemuan 2 adalah 72 73 79 87 95. Persentase KBK dari tahap pratindakan hingga siklus II pertemuan 2 adalah 38% (kurang sekali) 38% (kurang sekali) 69% (kurang) 100% (sangat baik) 100% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tema Indahnya keragaman di negeriku melalui model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar yang ditargetkan pada siswa kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung. ABSTRACT Kumalasari F. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)pada Siswa Kelas IV SDN Soko Kabupaten Tulungagung. Thesis Department of Primary School and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Dra. Widayati M.H (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Keywords learning result theme of the Beautiful diversity in my country the model of study Student Team Achievement Division (STAD). Based on the observations conducted in grade IV SDN Soko Tulungagung regency the learning processbased on curriculum 2013 has not shown the expected results. This is due to the lack of optimum quality of classroom learning process. Ongoing learning activities seem passive and still dominated by the teachers the learning process through lecture methods without including instructional media the use of textbooks as the only source and learning media. This has an impact on low student learning outcomes. The alternative chosen to overcome the problem by applying the Student Team Achievement Division (STAD) model. This study aims to describe the application and improvement of learning outcomes the theme of beautiful diversity in my country through Student Team Achievement Division (STAD) in learning process for fourth graders of SDN Soko Tulungagung Regency. This study used a qualitative approach type of Classroom Action Research (CAR). The study was conducted in 2 cycles that consisting of 2 meetings. Each cycle consists of 4 stages planning execution observation and reflection. Data collecting techniques in this study are observation test documentation and field notes. Data analysis technique used is qualitative data analysis technique with stages data reduction data presentation and conclusion. The results showed STAD model implemented by teacher with percentage of cycle I equal to 80% and cycle II equal to 98%. Student activity in the first cycle of 73% and cycle II sbesar 96%. Student learning outcomes occur. On the average value of students from pratindakan stage until the second cycle of meeting 2 is 72 73 79 87 95. The percentage of KBK from pre-action stage to second cycle of meeting 2 is 38% (less once) 38% (less once) 69% (less) 100% (very good) 100% (very good). Based on the result of the research it can be concluded that learning the theme The beauty of diversity in my country through the Student Team Achievement Division (STAD)learning model has been implemented by teachers and students very well which has an impact on the improvement of learning outcomes that focused at grade IV SDN Soko Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item