Analisis kesesuaian buku siswa 'revisi' 2016 kelas IV tema pahlawanku dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 / Rizki Amelia Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian buku siswa 'revisi' 2016 kelas IV tema pahlawanku dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 / Rizki Amelia Safitri

Safitri, Rizki Amelia (2017) Analisis kesesuaian buku siswa 'revisi' 2016 kelas IV tema pahlawanku dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 / Rizki Amelia Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Rizki Amelia. 2017. Analisis Kesesuaian Buku Siswa Revisi 2016 Kelas IV Tema Pahlawanku dengan Karakteristik Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci Analisis buku siswa Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Buku siswa merupakan acuan pembelajaran bagi siswa di kelas. Oleh karena itu isi buku harus sesuai dengan kompetensi yang ditentukan. Fakta dilapangan ditemukan beberapa bagian yang dianggap kurang sesuai. Untuk itu perlu dilakukan analisis isi buku. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian buku siswa revisi 2016 kelas IV dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk betuk penelitian dirancang dengan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa kelas IV revisi 2016 tema pahlawanku sekolah dasar Kurikulum 2013. Data hasil analisis ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian. Hasil analisis kesesuain buku siswa dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu ditinjau dari banyaknya muatan pelajaran yang dipadukan sudah sesuai karena rata-rata pembelajaran menyatukan dua atau tiga muatan pelajaran dalam satu pembelajaran. Namun jika dilihat dari keterpaduannya masih banyak yang perlu diperbaiki. Hal ini karena perpaduan antar muatan pelajaran kurang menyatu. Beberapa pembelajaran terlihat sajian materinya melompat-lompat dan pada umumnya masih terlihat terkotak-kotak misalnya pada pembelajaran 3 kurang sesuai jika dipadukan karena dikegiatan awal siswa diminta untuk menuliskan perjuangan Raja Balaputeradewa akan tetapi dipembelajaran 3 tidak terdapat teks mengenai Raja Balaputeradewa dari pengamatan hasil analisis teks Raja Balaputeradewa terdapat dipembelajaran 4 sehingga seharusnya kegiatan ini terdapat dipembelajaran 4 dan kegiatan selanjutnya siswa melakukan percobaan membuat cakram warna sehingga pada pembelajaran ini materi yang dipadukan tidak saling berkaitan karena materi yang dipadukan masih terlihat terkotak-kotak berdasarkan muatan pelajarannya selain itu masih terdapat materi pokok pembelajaran berbeda konsep dengan soal latihan yang diberikan. Selain itu ditinjau dari kesesuaian otentik terdapat satu indiktor yang beberapa kali tidak muncul dalam pembelajaran yaitu peneggunaan media asli atau konkret. Pada buku siswa hanya terdapat 6 pembelajaran yang menggunakan benda konkret dan sisanya 12 pembelajaran tidak menggunakan benda konkret. Atas dasar temuan peneliti yang diperoleh menunjukkan bahwa buku siswa masih memiliki beberapa kekurangan. Peneliti menyarankan bagi pemerintah atau penulis buku siswa untuk batas-batas antar muatan pelajaran agar lebih dipadukan lagi dan bagi guru maupun siswa yang menggunakan buku siswa juga menggunakan sumber-sumber lain sebagai penunjang untuk melengkapi kekurangan yang ditemukan dalam buku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item